Pages

Cari Artikel

Loading...

21 May 2010

Keturunan Dan Persilangan Kenari

Banyak pertanyaan muncul dari berbagai orang yang menanyakan kepada saya apa itu kenari AF? Apa itu kenari F1? Dan apa yang dimaksud kenari F1, F2 dan F3? Apa perbedaan kenari AF,F1,F2 dan F3? Banyak jawaban untuk soal ini dan salah satu diantaranya akan berusaha dijawab.
Pertama-tama yang perlu dipahami mengenai "F" sendiri bisa diartikan sebagai keturunan. Jika demikian F1 berarti merupakan keturunan ke 1 sedangkan F2 adalah keturunan ke 2 dan begitu seterusnya. Namun tidak semua keturunan yang dihasilkan oleh sepasang indukan kenari dapat dikatakan demikian, simbol "F" ini dapat digunakan jika hasil keturunannya di dapat dari persilangan kenari, yang artinya adalah berasal dari perkawinan silang antara kenari dengan jenis yang berbeda.
Jika dimulai dari hukum dasar makan F ini sebenarnya berasal dari hasil perkawinan antara 1 pasang indukan. Jadi mungkin gambarannya adalah begini

P (parental) x P (parental) = F1 (ini berlaku dalam sistem hybrid ataupun perkawinan sesama jenis).

Dari teori diatas dapat diturunkan lagi menjadi sebuah "Family Tree" yang berasal dari indukan sesama jenis (misal yorkshire x yorkshire) ataupun beda jenis (misal yorkshire x lizard, waterslager x blackthroat) sehingga menghasilkan F1 atau keturunan pertama. Tentu saja F1 dari dua contoh perkawinan tersebut menghasilkan sifat genetika yang berbeda. Secara umum F2 akan membawa sifat yang lebih random dalam perkawinan hybrida.
Namun istilah F sendiri masih terbilang rancu dan kurang spesifik dalam ranah peternakan kita sehingga kadang membuat orang bingung. Misalnya saja F1 dihasilkan dari perkawinan antara kenari yorkshire dengan kenari lokal dan F2 dihasilkan dari perkawinan kenari yorkshire dengan F1. Berikut ini penjelasan mengenai hasil keturunan dan persilangan kenari dengan acuan trah kenari yorkshire x lokal sebagai contoh fixed strain dan final strain:

  1. Perkawinan kenari yorkshire dengan kenari lokal (kenari besar dengan kenari kecil) menghasilkan F1
  2. F2 dihasilkan dari perkawinan antara kenari yorkshire (indukan dari F1) dengan kenari F1
  3. Hasil dari perkawinan antara kenari F2 dengan kenari indukan kenari F1 menghasilkan keturunan ke 3 atau yang disebut dengan F3. Sumber lain mengatakan bahwa kenari F3 dapat dihasilkan dari perkawinan sesama keturunan F2
  4. F4 dihasilkan dari kenari F3 yang dikawinkan dengan salah satu induk dari F2
  5. Keturunan F4 jika dikawinkan dengan sesama keturunan F4 akan menghasilkan F5. Keturunan ke 5 atau F5 bisa juga dihasilkan dari perkawinan antara F3 dan F4
  6. Jika keturunan F5 dikawinkan dengan induk dari keturunan F4 maka akan menghasilkan F6 dan inilah yang disebut sebagai fixed strain
  7. Sebagai tambahan, jenis keturunan yang sering disebut AF sebenarnya asing ditemui dalam istilah biologi dan bahkan mungkin tidak ada. Namun sudah terlanjur beredar umum dan setidaknya perlu dijelaskan bahwa kenari AF dihasilkan dari keturunan Filial F1/F2/F3 (bukan jenis fixed strain) dikawinkan dengan kenari lokal atau kenari non fix strain dalam 3 tingkatan ke depan. Dengan kata lain perkawinan sesama non fix strain akan menghasilkan keturunan yang disebut AF.
Catatan: (indukan tidak hanya/harus dari kenari yorkshire saja melainkan dari semua jenis kenari, semisal: lanchasire, border, roller, gloster dll dengan acuan rumus keturunan yang sama pula). Selain itu untuk menciptakan jenis baru tidak hanya mengacu hanya sampai F6 saja melainkan tergantung dari target dan variabelnya.
Fixed strain sendiri dijelaskan sebagai suatu sifat permanen yang melekat pada kenari. Dengan fixed strain ini maka akan didapat sifat-sifat permanen yang meliputi volume suara, bentuk dan warna. Jika selama ini kita sering mendapati kenari F1 dengan postur yang berbeda-beda itu dimungkinkan karena belum adanya fixed strain.

Final Strain,  Static Strain dan Degradation
Dalam menanggapi perkawinan atau mapping trah dengan metode pendekatan gen dominan maka merujuk kepada sifat yang diwariskan salah satu indukannya sebagai "model" akan berbeda dengan hasil perkawinan dengan penjodohan antar filial. Anggaplah saja kita berandai-andai seperti ini, jika yorkshire dikawinkan dengan lokal (ys x lokal) maka sebutan yang umum untuk hasil keturunannya adalah F1 ys. Kita berandai bahwa F1 ys ini mewarisi 50% sifat dari ys dan selanjutnya F2 mewarisi 70%-75% sifat ys sedangkan F4 mewarisi lebih dari 90% sifat ys. Kita akan mendapat static strain atau jenis statis jika perkawinan sesama F4 terjadi atau dengan kata lain F4 x F4. Jika F6=final strain maka dengan kata lain F6 itu bisa disebut sebagai jenis baru kenari.
Dalam perkembangannya peternak sering mengawinkan secara monohibrid yang misalnya saja F1 dikawinkan dengan F1. Adapun keterangan untuk menanggapi hal tersebut walau memang secara ilmiah istilah ini tidak ada..
  • Jika F1 x F1 maka istilah umumnya anakannya akan disebut AF dimana hereditas fenotipe dari indukannya akan berkurang.
  • Jika F1 disilangkan dengan lokal maka istilah keturunannya akan disebut sebagai lokal super dimana degradasi sifat dari indukannya akan semakin terlihat.
  • Jika lokal super disilangkan dengan lokal maka anakannya akan disebut sebagai lokal.
NB: istilah di atas (lokal super dan AF super) umum dijumpai dalam pasaran namun bukan merupakan istilah/penamaan secara ilmiah

The Canary Handbook
Dilema Nama Keturunan Perkawinan Kenari

Saat ini yang menjadi banyak perdebatan adalah soal perkawinan monohibrid dimana sesema kenari yang belum final strain dikawinkan. Misalnya saja tentang masalah nama dari keturunan F1 x F1, beberapa pendapat mengemukakan bahwa hasil dari perkawinan itu disebut AF. Dengan kata lain perkawinan sesama jenis non fix strain disebut AF. Asumsi ini diperkuat dengan teori gen hereditas fenotipe yang semakin luntur jika sesama non fix strain dikawinkan, selain itu filial dari fixed strain (contoh yorkshire) (F)  yang berada di depan biasanya adalah sebagai pengangkat pamor dan dianggap lebih tinggi. Namun beberapa sumber juga mencatat bahwa F1 x F1 disebut F2, ini didasarkan pada F yang berarti Filial bersifat turun temurun, terus mana yang benar?
F1 yang merujuk kepada keturunan merupakan sebutan untuk suatu generasi pertama yang dalam perkembangannya secara salah kaprah dijadikan patokan sebagai suatu jenis burung kenari yang berasal dari perkawinan Yorkshire/import dengan burung kenari lokal (domestic canary). Secara berkesinambungan maka hasil dari perkawinan F1 x F2 disebut F3 karena mempertimbangkan pola mapping hasil kerja penyilangnya dan dari perkawinan antara keturunan ke 1 dan ke 2. Merujuk dari beberapa hal tersebut maka sudah pasti F3 yang berasal dari hasil pendekatan gen dominan misalnya Yorkshire x ((Yorkshire x lokal) x Yorkshire)) akan mempunyai sifat genetis yang berbeda dibandingkan dengan F1 (Yorkshire x lokal) x F2 ((Yorkshire x (Yorkshire x lokal)).
Beberapa peternak senior mengatakan kepada saya bahwa janganlah kita terlalu mempermasalahkan hal ini sebab di Indonesia sendiri masih dalam taraf setengah jalan yang artinya untuk menamai keturunan tersebut diperlukan pembuktian rantai keturunan secara rinci dan detail seperti halnya di luar negeri. Adapun beberapa asumsi dan kerancuan yang teramat sangat membingungkan yang berkembang di kalangan peternak dan penghobi, contohnya adalah seperti ini:
  • F1 x F1 = AF11. Ini dikarenakan F belum merupakan final strain sehingga asumsinya adalah hasil perkawinan tersebut disebut AF. Angka sebelas/11 menunjukkan bahwa itu adalah hasil perkawinan antara sesama keturunan pertama. Jadi F2 x F2 = AF22 dst.
  • Kenari disilangkan dengan blacktroat sehingga anakannya disebut blacken, kenapa tidak biasa disebut sebagai F1? ini dikarenakan karena pada perkembangannya peternak sering menyilangkan kenari yang sudah fixed strain ataupun belum fix strain dengan blackthroat. Jika F1 ys x blackthroat maka anakannya akan disebut apa? 
  • Mengawinkan sesama kenari yang belum fix strain namun berbeda jenis. Misalnya saja hasil perkawinan antara yorkshire x lokal dikawinkan dengan hasil perkawinan lizard x waterslager, disebut apakah anaknya?
  • F1 ys x lizard, anakannya disebut apa? 
  • Ys x lokal = F1 lokal?
Untuk menjawab pertanyaan yang belum bisa dijawab secara rinci oleh beberapa teman saya yang sudah bertahun-tahun mendalami kenari ini, lebih baik kita jangan dipusingkan dengan itu. Setiap peternak memberi nama keturunannya dikarenakan untuk membuktikan silsilah dari keturunan tersebut. Jika kita adalah seorang peternak yang menekuni bidang fix strain maka bisa jadi kita bisa membuktikan rantai regenerasi secara rinci, namun jika tidak maka asumsi yang beredar di masyarakat sekarang toh tidak seratus persen salah. Jadi setiap peternak wajib mempertanggungjawabkan hasil dari ternakannya yang kemudian dapat menunjukkan mana indukannya. Karena kita selama ini mengacu kepada pendekatan gen dominan dari indukan fixed strain maka dalam perjalanannya jika menyilangkan sesama non fixed strain akan terjadi kerancuan yang telah kita alami sekarang. 
Jadi akan lebih baik kita melihat secara nyata tentang masalah kualitas si burung itu sendiri yang meliputi postur, suara dan karakter. 

Terimakasih kepada rekan-rekan senior saya yang telah memberikan arah dan masukan. "Tidak ada pertanyaan yang tidak bisa dijawab", jika tidak hari ini mungkin lain kali

NOTE: kelanjutan artikel ini dapat disimak pada  judul "Keturunan Dan Persilangan Kenari II" yang sudah saya tulis di blog ini atau dapat dilihat dengan klik judul tersebut.


Ditulis oleh
Beternak Kenari

Referensi : 
bulletin Papburi Jogja, "Mencetak Kenari Indonesia" oleh Kian Sing



The original article was written by Mtl Canary
Blog: Beternak Kenari

100 comments:

  1. waduh, ada kenari sampai F5? saya baru denger nih pak...setahu saya kenari cuma mentok ampe F3 setelah itu baru ys lokal...trus harga berapa tu pak yang F5?

    ReplyDelete
  2. itu adalah model beternak jangka panjang mas. F5 brarti trah/keturunan ke lima dari persilangan kenari. Untuk harga saya kurang tau tepatnya mas, ini butuh waktu lama untuk menghasilkan F5

    ReplyDelete
  3. jika anakan hasil kawinan ys dan ls namanya apa bos?

    ReplyDelete
  4. jika perkawinan yorkshire dengan lanchasire berdasar rumus di atas bisa disebut F1 ysls. Bisa juga dinamai yorklanch atau lanchyork...haha. Soal ini memang masih rancu...

    ReplyDelete
  5. Tulisan om yang satu ini sangat membantu. Terimakasih banyak

    ReplyDelete
  6. Sama-sama om Hendi, ini sekedar share saja kok. Semoga dapat membantu

    salam

    ReplyDelete
  7. saya ber-andai seperti ini:

    Ys x Ys = ys
    Ys x lokal = f1
    Ys x f1 = f2 ........dst
    Ys x f5 = ys atau new strain

    menurut saya itu berlaku jika memakai fungsi matematis dengan kemungkinan bahwa f1 membawa sifat ys dan lokal tapi bagaimana dengan teori penyusutan bahwa keturunan ke 2 atau f2=70% membawa kromosom dan sifat dari ys? Jika itu terjadi maka kemungkinan f3 adalah 100% ys dan dengan kata lain jenis baru dari sifat ini tidak akan muncul.

    maaf om saya nglantur

    ReplyDelete
  8. itu dia om, selama ini mengacu kepada teori mendel. Secara genetis makhluk hidup mempunyai peluang 100% untuk melenceng dari teori yang telah ada. Misalnya saja begini

    f1 x f1 = af
    namun pada prakteknya hasil yang disebut af ini mempunyai postur yang lebih besar daripada indukannya, bisa dibilang af super. Malah kalo kita mau bohong ke pembeli kita bisa aku anakan tersebut F2...wow...Fenomena semacam ini sangat njlimet untuk dijelaskan secara genetika saya rasa dan itu baru salah satu kemungkinannya.
    Secara darah/trah itu disebut AF namun secara postur bisa masuk f2, silahkan disimpulkan

    ReplyDelete
  9. @Prayogo, begitu detail keterangan dari anda, saya sangat se7 cuman menurut saya di Indonesia masih begitu banyak faham2 yang berbeda, seperti contoh : saya pernah denger pendapat orang bahwa F1 itu keturunan pertama hanya untuk jenis YS, yang dianggap untuk sebagian orang jenis ini yang paling populer dalam breeding/bisniz kenari, nah loh klo udah gt gemana lagi kita musti menanggapinya, itulah sebabnya menurut saya perkebangan "Perkenarian" di Indonesia sampai saat ini bisa dibilang masih rancu dan penuh ketidak pastian, tidak seperti diluar negeri.

    Salam,

    ReplyDelete
  10. betul om, menanggapi hal ini memang sedikit ribet. Selain karena kurangnya masalah sosialisasi di beberapa wilayah pedesaan, tidak semua orang mengerti tentang ilmu biologi dan dalam hal ini khususnya ilmu genetika. Perlu diingat bahwa F1 bukanlah final strain dan bukan hanya keturunan (filial) pertama dari yorkhsire saja. Tulisan di atas hanyalah sample dengan indukan ys x lokal dimana ys saya rasa sudah cukup familiar dimengerti oleh beberapa kalangan. Nah, jika soal di luar negeri juga tidak sesimpel yang kita kira menurut saya. Kita selama ini memahami dan mengerti hanya dari komunitas, tulisan beberapa peternak luar negeri dll. Akan lebih baik lagi jika kita bisa memahami ilmu genetika secara detail berikut tranformasi dan pergeseran dari hasil keturunan tersebut. Teori Mendel...itu dia yg perlu dipahami secara detail hingga ke masalah yang sangat detail sekalipun.

    salam
    jika ada kekurangan dalam tulisan saya wajib dikoreksi,hehe.

    ReplyDelete
  11. mungkin kerancuannya adalah dalam perkembangannya istilah penyilangan monohibrid (misal f1xf1)sering disetarakan dengan perkawinan yang membawa gen dominan (misal ys x lokal=f1 dan selanjutnya ys x f1=f2).

    hasilnya adalah
    jika f1ys x f1ys= f2 maka gen dominan dari ys akan semakin luntur. Namun jika monohibrid dilakukan bertingkat (hasil dari perkawinan antar f1 ys dikawinkan lagi dengan f1 ys dst) maka akan menghasilkan fixed strain dari f1 ys pada taraf penyilangan tingkat 6 atau F6. Nah F6 ini berbeda dengan F6 hasil perkawinan dari ys x f5ys dimana gen dominan ys akan melekat dan mempunyai gen ys yang jauh lebih dominan.

    maka yg membedakan tentu saja adalah masalah postur yang paling tampak dari luar (beberapa aspek gen lain seperti suara dan warna). F6 hasil silangan ys x f5 akan jauh lebih besar daripada silangan monohibrid f1 x f1 sebanyak 5 kali.

    ReplyDelete
  12. sangat membantu pak, walaupun masih rancu namun mau gimana lagi.

    ReplyDelete
  13. tulisannya bagus sekali,saya dapat memetik ilmu dari sini. Ijin untuk bergabung om2 semua

    Salam KM

    ReplyDelete
  14. tulisan ini sudah mengalami beberapa update dan perubahan tertanggal 17 September 2010. Artikel ini akan terus di update terus menyesuaikan hal-hal yang dirasa benar dan dapat dipertanggungjawabkan...jika ada rekan2 yang bersedia membantu maka akan sangat berguna bagi semua

    salam

    ReplyDelete
  15. mantab boss, saya suka anda menjelaskan secara bertahap tanpa muluk-muluk. Saya dukung sepenuhnya tulisan ini demi kemajuan bersama.

    salam, Wisnu

    ReplyDelete
  16. Maturnuwun share-nya om. Tulisan ini sangat membantu dan membuka pendapat bagi kita

    ReplyDelete
  17. wahh... info yang bagus, bisa dijadikan referensi utk ternak kenari. kebetulan saya punya F1 dirumah. thanx gan infonya...

    ReplyDelete
  18. wah sangat2 membantu sekali artikel ini..semoga bisa di update trus sampai lebih mudah dipahami oleh orang seperti saya...hehe

    ReplyDelete
  19. saya punya usul bagai mana kalau organisasi perkenarian seperti papburi se-indonesia mengulas dan memperdalam masalah keturunan ini. sehingga terbentuk keseragaman penamaan di seluruh indonesia, sehingga para pemula atau bahkan para breeder lebih dapat mengerti masalah keturunan ini..kalau sekarang yg saya lihat para breeder memberi nama sesuai keyakinan masing2..sehingga dari malang sampai jakarta bisa berbeda-beda
    dalam memberikan penamaan..menurut saya loh ya..hehehehe

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. nahhh ini istilah yg benar... tapi sayangnya pasar berkata lain....jadi tambah rancu

    ReplyDelete
  22. kalo kenari sama blacktroat, mozambik atau edlesanger apa ada nama biologisnya mas? trus kolo sama perkutut jadi apa ya.... he.. he...

    ReplyDelete
  23. induk x induk = F1, penamaannya saja yang kemudian kita kenal dengan istilah blacken, blacksang, mozken, mozsang, sangken dll. Filial tidak semata-mata merujuk kepada "nomor urut" namun juga didasarkan atas pemahaman dan tujuan dari perkawinan dan persilangan. Semoga dengan perhatian teman-teman semua di sini dapat bertukar ilmu, share dan kompak antara sesama penghobiis

    ReplyDelete
  24. adakah forum yang bisa saya ikuti

    ReplyDelete
  25. ijin gabung gan, jadi menurut saya dr paparan diatas berarti kenari yg asli adalah yg lokal dong (galur murni) yg lain kan hibrit. maaf kl salah ini cuma sebantas yg saya paham, minta comment dong.....

    ReplyDelete
  26. kenari lokal yg awal beredar (postur kecil) jika diruntut asal muasalnya diperkirakan juga berasal dari jenis kenari postur kecil seperti fusan, colorbred, taiwan, atau jenis singer canary lainnya yg sekarang dipahami oleh sebagian besar penghobiis tanah air sebagai galur murni. Untuk membuktikannya galurnya memang sangat sulit

    ReplyDelete
  27. Pak Prayogo,
    Saya tertarik banget dg tulisan Anda. Secara prinsip saya setuju, dan secara teoritis hukum silsilah keturunan pasti mengarah pada hukum Mandle. Tapi di PASAR, persepsinya yg namanya F1 itu pasti body BESAR, lebih tragisnya F1 itu body-nya kayak wortel.
    Menurut saya ini sdh parah sekali... betul nggak?
    Karena menurut saya, F1 BELUM TENTU BODY BESAR, dan BELUM TENTU F1 itu musti dr YS... Mohon pendapat Pak Prayogo, kalo saya salah.. dengan rendah hati saya mohon maaf...
    Maturnuwun,
    Rama Kharisma

    ReplyDelete
  28. terimakasih atas pendapatnya, memang betul bahwa persepsi kita saat ini masih setengah jalan. Dalam tulisan ini kebetulan sampelnya adalah YS x Lokal karena dirasa paling familiar bagi penghobiis. Dan memang TIDAK HARUS dari ys saja seperti yg sudah saya tulis di atas. Jika banyak kurangnya mohon maaf

    salam hangat

    ReplyDelete
  29. Maaf, mas numpang nimbrung nih.... Klo di Jambi, entah karena pengetahuan penghobiis yg masih terbatas atao krn faktor lain, tampaknya mereka kurang mempermasalahkan ttg keturunan; F1, F2, F3, AF, AF11, F1ysls, dlll.... Bagi penghobiis di sana yg penting saat kenari berada di lapangan kontes, maka sang burung dapat bermain n bergaya, bermental laga n juara.... Akibatnya bg si pedagang kenari dg materi kenari keturunan impor tsb jd tdk ada kekuatan/jaminan utk dapat menjual mahal. Namun, dalam bbrp bulan belakangan sy telah mencoba membawa kenari berlebel hasil silangan dg impor td dari Jawa n sekitarnya dn perlahan belajar ternak kenari silangan impor td dg maksud secara perlahan menggiring penghobiis td ke pilihan kenari silangan impor sehingga pasar kenari jd lebih luas n terbuka dg banyak pilihan. Smg berhasil.....

    ReplyDelete
  30. biasanya selera selalu diikuti oleh trend, dan keterangan silsilah hanya merujuk kepada masalah kejelasan dari penangkar kepada pembeli. Semoga sukses om Yaldi.

    ReplyDelete
  31. gan numpang tanya
    klu AFxAF tu jdinya apa ya??
    qu msih bingung soal yang ini...

    ReplyDelete
  32. kalau tidak yakin dengan penyebutan istilah AF maka dijabarkan saja keturunan dari jantan hasil kawin x dengan x dikawinkan dengan betina hasil kawin x dengan x

    ReplyDelete
  33. kenari indonesia makin jaya dan mantap nich. Banyak penangkar yang mencoba menyilangkan beberapa jenis, tetapi spt yang bapak jabarkan diatas menurut saya sudah sangat baik sekali. kejujuran peternak, asal indukan asli jenisnya harus jelas. Andaikan semua peternak berjalan dan melepas keturunan sampai f6(final strain)
    mungkin akan banyak jenis baru kenari yang berkualitas.
    Selamat berternak ciptakan hasil yang terbaik, salam kenari indonesia

    widiadmoko

    java bird farm, jakarta.

    ReplyDelete
  34. tulisane JOS bangt gan,sangat membantu,


    lovelis,solo

    ReplyDelete
  35. cari f1 dimana ya selain di pasar?

    ReplyDelete
  36. Pusing bos sama istilah-istilahnya, apalagi setiap orang asumsinya berbeda-beda, kayaknya perlu diadakan konferensi burung kenari Indonesia.

    ReplyDelete
  37. sebenarnya yang menyebabkan kerancuan adalah ketidak sepahaman. dan kenari yang beredar di pasaran tidak jelas keturunan apa,karena terjadi perkawinan secara acak tanpa melihat asal usul parental

    ReplyDelete
  38. teori sebenarnya sudah ada walaupun Gregor Mendel mungkin saat itu tidak beternak burung kenari...hehe namun saya rasa pemaparannya cukup jelas. Bagi saya F yang berarti filial ini tidak berarti apapun jika tidak ada kelengkapan silsilah dan tujuan pengadaan filial tersebut. Maka dalam perkembangannya orang berlomba untuk mencetak F series karena latah dan sebagai bisnis beternak bukan untuk menarget apa yang sebenarnya ingin dicapai.

    ReplyDelete
  39. saya amat sangat tertarik dengan membuat fariant baru kenari untuk jenis baru di Indonesia. Telah saya coba beberapa keturunan dari berbagai jenis kenari yang tergolong kenari singger, bersama sama teman kami lakukan sudah sekitar 5 tahun untuk mendapatkan jenis kenari yang baru begitu pula dengan nada dan suara fariant baru. bila berkenan kami ingin ikut serta dalam forum ini
    terimakasih

    ReplyDelete
  40. terimakasih, saling berbagi dan kompak sesama penghobi. Sebenarnya ini bukan forum namun sebagai blog pribadi saya yg pada awalnya bertujuan untuk tukar pendapat dan saling berbagi secara positif. Terimakasih, selamat bergabung

    ReplyDelete
  41. sebenarnya diluar artikel ini sudah terjawab ya om?hehehe...ayo donk om keluarin lagi jurus mautnya,,,, :) kenapa harus ada penyilangan dan bagaimana mencetak kenari lomba? hehe

    ReplyDelete
  42. Menyilangkan bertujuan untuk memperbaiki kualitas, mengkombinasi sifat2 dominan positif dan mengadakan/menciptakan bakat tertentu sesuai dengan tujuannya. Resiko dari menyilangkan sebenarnya mampu untuk merusak strain yg sudah mapan jika tidak ter-method dan terorientasi jadi memang butuh waktu lama.......... dan masih banyak teori serta fakta yang lainnya.

    ReplyDelete
  43. ada beberapa orang yang menyarankan ternak galur murni saja supaya jelas dan tidak rumit istilah F nya

    ReplyDelete
  44. sebenarnya teori pemaparan gen itu sangatlah rumit karena harus mengetahui faktor-faktor yg kasat mata dan tidak kasat mata sekaligus namun diluar itu persilangan kenari dilakukan untuk menciptakan perpaduan gen yg baik dan selaras dengan kondisi perkenarian kita saat ini. Dalam beternak maka jenis yg ditangkarkan serta orientasi adalah pilihan masing-masing.

    ReplyDelete
  45. f1 x f2 jadinya apa yak bang ???

    ReplyDelete
  46. kalo tidak tahu asal muasalnya ya cuma jadi kenari AF (teori pasar)tp sebaliknya kl tdk tahu "origin"nya tapi akan dibuat map baru ya jadi F1, nah kalo tau detailnya (origin, tujuan dan mapping) maka bisa jadi F3. Bingung kan? saya juga bingung :D

    ReplyDelete
  47. sebenarnya artikel ini sengaja saya buat tidak begitu sesuai dgn hukum mendel namun masih dalam penalaran yang sama hanya saja penyebutannya yg berbeda. Karena mapping peternak satu dgn yang lainnya itu berbeda jadi kesimpulannya adalah jika menganut proporsi hibriditas dan hukum mendel maka F3 di tempat saya tidak akan sama dengan F3 di peternak lainnya dgn berbagai alasannya. Parahnya lagi F1 itu dijadikan jenis kenari padahal itu hanya sebagai simbol/penanda atas sifat persilangan dan runyemnya lagi F1 itu harus besar dan harus dari strain yorkshire.

    ReplyDelete
  48. kenari hasil silangan yang terbaik dan mewarisi sifat UNGGUL induknya itu keturunan ke berapa ya om Misal yang disilangkan adalah YS X LOKAL

    ReplyDelete
  49. Pak Prayogo...saya ingin ternak kenari (Pemula), apa ada indukan F2 yang siap di ternakan, Brapa harganya ?. ini email saya arifmarzuki9@gmail.com

    ReplyDelete
  50. Saya ingin beternak kenari jenis F, apa ada indukannya ?. kalau ada brapa harganya ?

    ReplyDelete
  51. Halo Pak Arif Marzuki, maaf sebelumnya kami tidak setiap saat lepas/jual indukan Pak. Salam dan terimakasih

    ReplyDelete
  52. aryasepa@ymail.comAugust 4, 2012 at 6:14 PM

    Salam kenal Kang Admin, sy pemula dalam hal ternak kenari bahkan baru mencoba. itupun karena tak sengaja sy beli betina KN Lokal yg kata yg mpunya Jantan, setelah +/- 2 blnan dr mabung dan bulu sudah rapi kembali KN trsbut tidak bunyi sprti yg Jantan, dngn nasaran sy beli Betina di pasar dadakan Burung, ternyata tak ada respon untk bunyi it pun saran temen ktnya untk memancing. inisiatif kbtulan temen kerja punya Jantan, sy pinjamlah dan suara tetep cuma ngericit dan bertingkah sprti mncari perhatian.. lama2 penasaran sy satukan dan secara terheran2 si jantan(yg sy pinjm) mengawini si betina yg pertama, -/+ 4 harian tnpa sengaja sy melihat 1 butir telur yg sudah kondisi pecah.. dr sinilah awal sy brfikir untuk ternak.. yg ingin sy tanyakan kpd yth admin :
    1. berpa jumlah umumnya KN Lokal bertelur?
    2. berapa lama si jantan dapat birahi lagi untuk mengawini betina? (dngn penasaran sy beli lg kenari yg siap kawin)
    3. kapan waktu yg tepat memisahkan kenari jantan setelah kawin dengan si betina?
    4. jenis makanan apa yg harus diberikan untuk induk betina yg sedang mengeram?

    semoga admin berkenan menjawab pertanyaan saya.. atas perhatian sy ucapkan terima kasih

    Surya Kuningan.

    ReplyDelete
  53. wah sudah lama saya tidak menemui cerita/curhat seperti ini, seolah mengingatkan kami awal mula beternak kenari dahulu. menjawab pertanyaan dari om surya di atas berdasarkan pengalaman saya:
    1. umumnya 4 butir namun pengalaman saya bisa sampai 5-7 butir
    2. saat jantan memang sudah birahi ia dapat mengawini betina kapan saja dgn syarat kondisinya fit
    3. mau dipisah atau tidak itu pilihan. Jika ingin dipisah sy biasanya setelah memastikan proses kawin berlangsung baik atau ditunggu hingga si betina bertelur
    4. pakan komplit, bergizi dan memenuhi standar diet seperti Biji2an, sayuran,(sawi, selada, brokoli dll) buah (apel, jagung dll), telur puyuh. Jika ingin menambah pakan lain silahkan saja

    ReplyDelete
  54. untuk F2 dst.. jantan nya yang YS atau F2 dstnya? tolong bantu dong...

    ReplyDelete
  55. saya ingin tanya apa yang dimaksud kenari lokal?

    ReplyDelete
  56. mohon gabung nas,,,,sy jg pemula,,kr2 awal thn 12,ya alhamdulillah bs buat tmbh2 penghasilan,, kl blh nanya,,kenapa ya setelah 2kali tetasan,,kadamg telor yg dierami tidak menetas,,pdhl bakal anakanya ada(tidak mecah),,pnh jg bening tidak ada bakal anaknya,,,,maaf kl merepotkan,,andai berkenan menjawb,,sy ucapkan bnyk2 terima kasih,,lemah garing lemah teles,,gusti all@h simg paring piwales,,

    ReplyDelete
  57. umum terjadi dan itu alami karena tidak setiap waktu burung dapat mencapai masa puncak/produktif. Penyebabnya sebenarnya yang lebih tau adalah yang memelihara burung itu sendiri. Secara umum dapat terjadi karena pengaruh suhu, tingkat adaptasi, suplai gizi hingga gangguan eksternal lainnya.

    ReplyDelete
  58. Salam kicau mania,numpang tanya Om,klo perkawinan F3ys x Af hasil anakan nya apa ya Mas Broo? Matuur nuhun...

    ReplyDelete
  59. mau jawaban ala bakul atau yang menurut teori mendel? silahkan baca artikel saya "keturunan dan persilangan kenari II" di blog ini. Saya rasa di sana secara umum sudah cukup jelas.

    ReplyDelete
  60. maaf mas ikut gabung ni
    saya pernah berdebat dngn teman saya masalah kenari starblue
    yg saya tanyakan :

    1. starblue itu jenenis atw cuma warna saja, coz teman sy bilng itu jenis tpi saya pernah bca itu cuma warna saja
    2. starblue itu apakh lokal, dan starblue ada f1,f2 dan af nya gk bingung mas

    ReplyDelete
  61. 1. warna mutasi resesif
    2. semua jenis kecuali waterslager, lanchasire, red intensif dan beberapa jenis colorbred spesifik lainnya. Lokal,F1,F2 itu bukan jenis melainkan penyebutan maping persilangan

    ReplyDelete
  62. maaf numpang gabung singkatan keanri F kan, F artinya Filial, kalau AF apa ya? A kepanjangannya apa ya?

    ReplyDelete
  63. silahkan baca artikel saya di blog ini dengan judul: keturunan dan persilangan kenari II

    ReplyDelete
  64. om mau tanya nih..
    saya baru aja mulai ternak kenari hehe ( moga sukses amien hehe )

    yang mau saya tanyakan,,

    1. kenari saya pas baru di campur ma betina sudah mau kawin setahu saya sih cuma sekali :( abis itu kadang dia takut ma betina nya kdang juga berani ,nah pejantan saya itu sudah siap apa blm sebenarnya ?

    2. saya punya red mozaic,saya coba silang ma lokal jadi namanya apa ya mas ?
    mohon pencerahaanya mas..terima kasih

    2.

    ReplyDelete
  65. 1. nampaknya sudah
    2. jika tujuannya untuk mencari teksture warnanya barangkali nanti melihat hasilnya saja. Terlepas dari itu menurut saya sah jika disebut sebagai F1 dari pasangan tersebut (teori mendel) asal anda mampu mencantumkan silsilahnya secara rinci.

    Semoga sukses

    ReplyDelete
  66. mhon ijin gabung om, jika f2ys x f1ys = ...?

    ReplyDelete
  67. baca artikel saya lainnya, judul: keturunan dan persilangan kenari II

    ReplyDelete
  68. Salam kenal mas admin,, mau gabung ,, saya pemula dalam beternak kenari,, pertama sekitar 1 bulan yll aya membeli pejantan silangan Yoskshire IOA x AF,, Karena melihat KN temen-temen saya pada menetas akhirnya saya penasaran juga untuk mulai menangkarkan KN,, lalu saya membeli KN di tempat teman saya sih katanya Betina,, setelah saya scoba jodohkan sekitar 2 hari, sudah ada respon, bila dipisahkan si jantan dan betina sudah mulai memanggil,, tetapi betinanya belum kelihatan mbunderi,, akhirnya saya satukan dalam sangkar dan sudah mulai kelihatan jantan dan betina saling meloloh.. tetapi kemudian yang terjadi si jantan malah mengacak-acak sarang yang telah saya sediakan dan si betinanya pun jadi galak.. akhirnya saya pisah lagi dan sampai sekarang masih sama belum mau rukun lagi.. Yang ingin saya tanyakan :
    1. Berapa lama pasangan yang mengalami hal semacam ini bisa di jodohkan lagi?
    2. Apakah kenari saya benar2 betina, karena kemarin saya liat di duburnya ko ada tonjolan kecil, dan sering nriwik bila si jantan bunyi, tetapi dari segi tingkah laku mirip betina,, suara pelan dan putus-putus, bila di jauhkan dari pasanganya memanggil cuit-cuit..
    Mohon jawaban dan solusinya mas admin.. terima kasih banyak artikelnya sangat membantu..

    ReplyDelete
  69. 1. tidak ada waktu pasti sebab penjodohan dilakukan atas dasar kesiapan hormon, usia dan mental.
    2. kelamin tidak bisa dipastikan hanya dengan uraian tulisan. lebih akurat jika memang melihat langsung.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  70. Mantep nih om artikelnya.. Cm sayang di pasaran sekarang rancau..skedar materi yg di kejar...cr aman memang di penangkaran..=))•°•♥ħєє•☺ ħєє ☺•ħєє♥•°•=)) ... Mau tanya juga nih om..sy baru dapet kenari dngan RING merah 07..berasal dr jogja..katanya katurangan dr hooland warna bond kuning + AF..kira2 itu KTP nya atw penyebutanya kenari ap ya..atw ttep kenari hollan oom ya..

    Trimakasih banyak sblembya sudah berkenan menjawab..salam sukses..

    ReplyDelete
  71. wah mungkin kalau orang2 bisa mengatakan af mungkin ya? harusnya ada kejelasan historisnya

    ReplyDelete
  72. Mengenai asal usulnya si holland jantan itu sering jawara..entak latber atw region nasional yg pasti temen melihat ad piagam 8..berubung turun gunung masuk lah ke penagkaran om..dan di kawinkan am betina AF..kurang lebih sperti itu om..kira2 KTP nya holand atw. Ap nih om..?? Mengenai alamat penangkaran nya di daerah muntilan om..deket skiratan kali putih muntilan..nama penangkarnya lupa..yg pasti RING nya merah ad no 07 aj..

    ReplyDelete
  73. Historis sperti ap ya om.. Kl menengok ke belakang holannya impor om dan sering juara,warna sendiri warna bon..di kawinin ama betina AF..kurang lebis sperti itu om..apakan anakanya ttp holland atw ap om untuk penyebutanya,,dan apa memang bener ad holland impor warna bon.. Maklum pemula om..biar gak kejepak pasar om.. Tanks sblmnya om..

    ReplyDelete
  74. kalau menurut saya istilah AF, lokal atau lokal super itu karena tidak di ketahuinya sejarah salah satu indukan dalam perkawinan antara dua burung kenari.
    misal Yorkshire x AF=F1
    dikatakan AF karena tidak diketahui sejarah keturunannya, hampir sama dengan ayam kampung yang di kenal dengan ayam buras atau ayam bukan ras. dikatakan ayam buras karena tidak memiliki ras akibat perkawinan bebas yang tidak terkontrol.
    Penamaan F1, F2,F3 dan seterursnya itu di gunakan untuk kepentingan pencatatan sejarah indukan dengan berbagai macam karakter untuk mencapai tujuan dari persilangan yaitu di temukannya anakan yang berkualitas.
    yang di katakan kenari lokal dengan tubuh yang tampilannya identik lebih kecil, sebenarnya itu akibat dari perkawinan yang tidak terkontrol itu tadi sehingga menghasilkan anakan yang tidak berkualitas.
    kalau peternak kita memahami teori dan tujuan persilangan, bukan tidak mungkin kenari lokal dapat mengalahkan kenari2 import. Sehingga LOKAL tidak selalu berkualitas Rendah.

    ReplyDelete
  75. sebenarnya ada tulisan saya lainnya yg juga kelanjutan dari tulisan ini, judulnya: "Keturunan dan Persilangan Kenari II"

    Semoga dapat membantu

    ReplyDelete
  76. Om..
    Kalo af+lokal itu hasil kenarinya disebut jenis apa om..
    Tolong dong jelasin & kasih tau namanya

    Terima kasih

    ReplyDelete
  77. kl misalkan YS(import) vs YS (import), atau Holland (import) vs Holland (import) keturunannya apa ya?

    terimakasih

    ReplyDelete
  78. TERIMA KASIH.....
    IJIN SHARE YAA........

    ReplyDelete
  79. Boss...,ane mau numpang tanya nih...,Kenari Import Lizard dikawinkan sama betina Lokal , benarkah menghasilkan anakan yang di sebut F1 ( kalo ane mengacu sama tulisan Boss di atas ).koreksi ya boss jika ane salah..

    oh ya..,kok warna kenari yang di hasilkan jadi seperti kenari starblue ya..??

    ReplyDelete
  80. ys x ys = ys
    holland x holland = holland
    lizard x lokal = f1 (soal warna itu tergantung dominasi gen)

    mau lokal atau import itu cuma sebutan orang2 saja, yang namanya jenis darimanapun dia berasal dan dikembangkan maka jenis tsb tdk akan berubah (kecuali mutasi)

    ReplyDelete
  81. Tulisan nya Bagus,,,Sebagai peternak ada baik nya kita menyilang kan yg sudah Fixed strain saja karna tujuan penyilangan itu untuk menghasilkan fixed strain/untuk lebih unggul dari kedua induk nya,,Contoh kita berangan'' sedikit:
    Burung Gereja X Roller =F1GR nah F2 nya di hasil kan dari,, F1GR X bisa pilih salah satu Gereja apa Roller bisa jantan nya bisa betina nya hasil nya = F2GR,,,Nah F3 nya sama F2GR x Gereja atau Roller begitu seterus nya sampai di dapat individu yg lebih Unggul yg bila anak nya di kawinkan akan sama rata semua anak nya mewarisi sifat Induk nya jadi lah jenis baru,,Contoh jenis baru seperti : Yorkshire pada kenari,,,Sangkuriang pada Lele,,Crown tail pada ikan Cupang(Madein Indonesia),,Domba Garut,,Dll,,,Untuk istilah AF,Loper,F1ys,F2ys,Dll itu hanya Bahasa marketing saja untuk menunjukan asal usul anakan nya dan biasa nya hanya keturunan Yorkshire saja yg disebut dengan istilah tersebut mungkin karna induk betina Yorkshire mahal dan untuk meminimal kan biaya dipakai lah indukan lokal yg lebih murah,,,semoga kita dapat mencetak Kenari jenis baru hasil peternak Indonesia yg bisa mengungguli kenari" Impor minimal berjaya di Negeri sendiri....

    ReplyDelete
  82. hanya mngusulkan,mungkin harus ada organisasi/komunitas legal yg sdh diakui msyrkt pcinta kenari untuk membuat ring ato chip pda kenari tsb,shingga terjaga silsilah dan kwalitasnya.sperti arwana super red.

    ReplyDelete
  83. betul, malahan jenis lokal itu harusnya penyebutannya diganti saja karena tidak objektif dan cenderung melamurkan strain nya. Jika ingin menciptakan jenis yang lebih paten maka harus tahu benar dia jenis apa, darimana dia berasal dan bagaimana jenis tersebut dikembangkan serta untuk apa....atau jenis import yang sudah dibumbui komersialitas pedagangnya ya jangan dipercaya begitu saja, cari jenis yang lebih tau asal-usulnya. Kalau perlu selektif berikut surat2nya (kalau ada)

    ReplyDelete
  84. Makasih banget gan infonya.. setidaknya bisa membantu untuk para newbie kaya ane gini neh,, hehe ^__^

    ReplyDelete
  85. Replies
    1. silsilah kurang jelas jika dikawinkan dengan silsilah yang kurang jelas juga tetap akan menjadi silsilah yang kurang jelas berikutnya

      Delete
  86. F1ys X F2ys jadi ny apa itu om

    ReplyDelete
  87. Replies
    1. baca aja yg tulisan keturunan persilangan kenari II

      Delete
  88. Jadi berdasrkan teori yg bener itu:
    F2ys = F1ys x F1ys
    apa
    F2ys = Ys x F1ys

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua bener Mas....
      Yang pertama benar menurut kaidah Hukum Mendle. dan Keturunan yang dihasilkan akan mengalami pengurangan GEN ys dan akan menghasilkan keturunan RESESIF juga.
      Yang kedua benar menurut kaidah Breeder Indonesia. Dan menurut Kaidah Hukum Mendle F2ys itu merupakan F1 (Fillial 1 atau Keturunan 1) dari perkawinan ys x F1ys. Dan keturunan yang dihasilkan masih mempunyai GEN ys yang banyak karena menggunakn Indukan yang lebih DOMINAN.....
      Yang nomer 2 itu yang sering BAGUS hasilnya.
      Jadi kalau cari Kenari F2 misalnya, tanya ma breeder, pakai model perkawinan nomer 1 apa nomer 2?
      Kalau model nomer 2, langsung ambil........

      Delete
    2. bisa lihat tulisan kelanjutan dari ini, judulnya keturunan dan persilangan kenari II

      Delete
  89. pokoknya yg g jelas asal usulnya lokal aja biar g bingung2

    ReplyDelete
  90. Ingkut nimbrung ya para master kenari skalian
    Oya saya mau nanya klo jenis kenari f1 dr keturunan ys x border import anak nya dinamain apa ya apa bs f2borderys atau ada nama lain?
    Mohon pencerahan dr para2 sedulur sekalian

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan baca ratikel saya yg lain, judulnya keturunan dan persilangan kenari II

      Delete
  91. maaf om ..kalo persialangan kenari Red intensive X af jenis anakan nya namanya jadi jenis apa ??
    trima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. red intensive termasuk jenis colorbred, pada dasarnya jika peternak gagal mempertahankan warna dari jenis ini maka hanya akan kembali ke basic colorbred saja. Untuk masalah filial bisa dilihat di tulisan saya "keturunan dan persilangan kenari II"

      Delete

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

Anda Menyukai Blog Ini?