Pages

Cari Artikel

Loading...

05 August 2009

Teknik Pemasteran Burung

Cara memaster burung, khususnya memaster burung kenari dapat dilakukan dengan setidaknya 2 cara umum yang sering dilakukan yaitu dengan suara burung asli dan suara tiruan melalui kaset, MP3 atau file musik lainnya

Memaster burung adalah keinginan hampir semua pecinta burung berkicau khususnya para pemain lomba. Dalam hal ini, memaster burung kenari memang mempunyai keunikan dan kepuasan tersendiri. Memaster adalah sama halnya dengan mengisi suara tertentu kepada burung yang akan diisi. Adapaun lagu-lagu burung seperti ciblek, edel sanger, blackthroat, prenjak dll menjadi suara isian bagi burung kenari.
Dan yang lebih unik lagi malah burung kenari juga dapat diisi dengan suara aneh lainnya seperti suara lagu, poliponik ataupun suara aneh lainnya, namun perlu diingat, hasil dari memaster tersebut tergantung bagaimana burung menangkap suara tersebut dan tentunya suara master itu sendiri..

Biasa umur memaster burung mulai dari 25 hari hingga 5-7 bulan. Media master dapat menggunakan burung asli maupun suara kaset, cd ataupun file lagu lainnya. Burung dikondisikan tenang dan tidak ribut suara pengganggu lainnya. Waktu pemasteran sebaiknya rutin alias ditempel terus...

Definisi Mastering
Istilah master/mastering/memaster sendiri berasal dari kata "master" yang berarti guru atau sosok panutan, Dalam hal burung berkicau kegiatan mastering merupakan metode sekaligus mengajarkan suatu lagu burung terhadap burung lainnya, misalnya saja seekor burung kenari yang diajarkan lagu blackthroat. Maka dalam perkembangannya para penghobi burung kemudian mengistilahkan seekor burung yang melantunkan suara burung lain (bukan jenisnya) sebagai burung berlagu isian/master.
Berbagai sumber mengungkapkan bahwa mastering merupakan suatu metode untuk mendidik suatu burung agar melantunkan lagu sesuai dengan keinginan empunya burung. Dalam ranah burung kenari maka lagu-lagu isian yang sudah teregulasi antara lain: waterslager dan spanish timbrado adalah jenis kenari yang mampu melantunkan lagu secara unik dimana variasi seperti suara air (water), bunyi bell, atau suara burung lainnya (bukan kenari) menjadi daya tarik tersendiri.

Metode dan Teknik Pemasteran Kenari
Diambil dari banyak sumber, setidaknya hingga artikel ini ditulis terdapat beberapa cara untuk menghasilkan nyanyian burung kenari yang unik atau bukan suara kenari standart. Nyanyian suara kenari standar adalah lagu yang dibawakan oleh burung kenari (non song canary) yang memiliki corak variasi lagu mirip dengan nyanyian strain kenari pada umumnya atau dengan kata lain tidak diajarkan secara khusus untuk menyanyikan lagu-lagu tertentu.
Berbagai cara dilakukan agar burung kenari kita dapat bernyanyi dengan baik, memiliki variasi lagu yang banyak, bervolume keras dan lain-lain. Metode pemasteran yang umum dikenal oleh banyak kalangan adalah:
  • Isolasi : yang berkembang di kalangan penghobi dan pelomba tanah air adalah mendidik seekor burung kenari agar mampu melantunkan suara burung lain dengan metode isolasi. Metode ini sebenarnya simpel dimana menjauhkan kenari yang akan di didik tersebut dari suara kenari standar dan memiliki lingkungan yang tenang, mengapa harus demikian? Secara konsep maka burung kenari akan lebih mudah menirukan suara burung sejenisnya daripada suara burung jenis lain, misalnya: prenjak, ciblek, gelatik, blackthroat, jalak uren, edel sanger dll. Spesifikasi dari metode isolasi ini adalah burung yang akan di didik benar-benar dalam kondisi "sendiri" atau tidak melihat burung master/burung lainnya dimana hanya akan mendengar suara burung masternya. Dengan lingkungan yang tenang maka diharapkan burung yang akan dimaster lebih fokus hanya kepada satu panutan lagu saja. Biasanya para pemaster akan menggunakan 1-2 burung master sejenis/beda jenis untuk memaster burung kenari dalam jumlah yang relatif.
  • Komunal: disebut sebagai metode pemasteran secara kelompok dimana jumlah burung master dan burung yang akan dimaster lebih dari 1 ekor. Misalnya saja 5 ekor burung kenari jantan muda dalam usia yang sama (sekitar 25 hari) diajarkan oleh 10 ekor burung blackthroat. Melalui metode ini burung kenari yang akan dimaster dapat melihat burung masternya bahkan burung kenari lainnya yang sama-sama sedang belajar bernyanyi. Metode ini sebenarnya adalah pencerminan dari pemasteran secara alami (alam liar) dimana seekor atau lebih burung kenari muda yang tinggal dalam suatu lingkungan lain akan secara alami menyerap dan belajar suara-suara di sekelilingnya. 
  • Digital: menggunakan media digital seperti tape, CD, MP3 dll untuk mendidik sang burung kenari. Spesifikasi dari metode ini pun bermacam-macam dimana satu suara digital mampu diatur untuk mencakup semua burung yang akan dimaster dimana suara akan terdengar jelas walau tidak harus keras. Metode ini pun menuntut suara output digital yang bersih, jernih, berfrekuensi tepat dan mendekati dialek suara burung aslinya.

Cepat lambatnya burung kenari menirukan suara masternya sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, misalnya saja kecerdasan, tingkat kerumitan lagu, intensitas suara master yang terdengar dan dari master itu sendiri. Semakin rumit dan jarang lagu master terdengar maka akan semakin lama menirukan suara masternya, begitu pula kecerdasan dan pembawaan/karakter burung master akan mempengaruhi hasil lagu yang akan dibawakan oleh burung kenari yang di didik tersebut.


Note: burung kenari yang akan dimaster sebaiknya mempunyai usia yang relatif muda (25 hari-70 hari) karena dalam fase inilah burung kenari muda akan secara intensif beradaptasi dan belajar suara/lagu di sekelilingnya. Meskipun begitu terdapat semacam "toleransi" saat burung kenari muda yang berumur 3 bulan atau lebih belum pernah mendengarkan suara burung kenari standart/suara burung lain sebelumnya.


MITOS: dalam beberapa kesempatan saya sempat bertukar pikiran dengan beberapa penghobi burung kenari seputar pemasteran ini. Saat saya disodorkan pernyataan bahwa semakin rumit lagu dan semakin sulit lagu master yang ditiru akan semakin bagus, benarkah?? Jawabannya adalah TIDAK, namun akan menjadi YA ketika lagu yang rumit tersebut dapat dibawakan secara fasih dan baik oleh si kenari karena pada dasarnya dalam perlombaan kita faktor pokok yang dipertimbangkan bukanlah rumit atau tidaknya lagu kenari melainkan bagus tidaknya, enak tidaknya lagu tersebut diterima di telinga orang. Logikanya adalah dalam satu napas/tarikan lagu kenari menghasilkan beberapa varian nada berikut ketinggian nada, intonasi serta panjang dan volume lagunya. Maka dalam pemilihan burung master usahakan masih dalam koridor yang sesuai dengan kemampuan kenari agar durasi, variasi, volume, gaya dan penampilan akan menjadi maksimal.


Untuk download suara burung master bisa klik di sini. GRATIS!!


Ditulis oleh:
oneven17.blogspot.com
Beternak Kenari

tag:
cara memaster kenari
pemasteran kenari
cara memaster burung kenari
pemasteran burung berkicau

30 comments:

  1. halo pak, salam..
    Kalo untuk suara isian kenari yang bagus apa ya pak? saya bingung untuk pilihan suara isiannya..mohon bantuannya

    ReplyDelete
  2. sebenarnya suara apa saja asal si burung bagus melantunkannya. Namun biasanya suara ciblek, blackthroat, edel sanger, prenjak dan cililin sering dipakai..Ada pula siskin dan finch jenis lainnya, lovebird, jalak uren dll

    ReplyDelete
  3. Saya penghobi pemula. Baru membeli beberapa anakan kenari usia 1 bulan untuk dimaster. Apakah bisa dimaster dengan cd master? Kebetulan saya tadi mau memesan cd master kenari di smart mastering www.smartmastering.com
    apakah cocok?

    ReplyDelete
  4. Untuk mas Suharyanto:

    memang ada beberapa teknik pemasteran burung, lewat burung asli dan CD atau pemutar musik lainnya. Tentu saja bisa dimaster lewat CD, asalkan menghasilkan suara jernih atau mirip dengan frekuensi suara burung aslinya...banyak juga yg berhasil memaster lewat suara CD dan sangat banyak juga yg berhasil lewat suara burung asli

    soal cocok tidaknya tergantung suara yg dihasilkan dari CD serta burung yang akan dimaster...

    smoga berguna

    ReplyDelete
  5. Salam Kenal...

    Download GRATIS Suara Burung Master di www.smartmastering.com

    ReplyDelete
  6. halo pak

    burung yang dimaster harusnya dikerodong atau tidak pak? saya punya kenari umur 2bln saya masteri pake ciblek tapi sampe sekarang belum ngriwik juga

    ReplyDelete
  7. masa ngriwik tergantung burungnya...ada yg cepet ada yg lama, tapi biasanya umur 4 bulan udah lumayan jelas ngriwiknya...coba sabar dulu...

    ReplyDelete
  8. saya mau tanya nih, apa bisa burung kenari biasa(yg biasa dijual dipasar)dimaster dengan suara2 burung master?
    dan apakah kenari yg biasa pasti kalah kualitasnya dengan yg kenari F1? apa ada sejarah kenari biasa bisa menang dari kenari2 unggulan?
    mohon pencerahannya, maklum newbie:D
    thanks

    ReplyDelete
  9. saya juga baru dlm bidang kenari.
    kenari biasa yg jual di pasar ga semua jelek, yg ptg volumenya dapet, kan lomba kicau dinilai dari kicaunya. Dimasteri apapun harusnya bisa, tergantung burungnya, kadang F1 pun ga lebih baik dari AF dan lokal biasa untuk urusan kicau...

    mohon maaf bila ada salah

    ReplyDelete
  10. lebih bagus memaster pake suara kaset atau burung asli? saya punya kenari yang pengen dimaster, enaknya pake suara apa?

    ReplyDelete
  11. saya terbiasa memaster lewat suara burung asli. Suara burung ciblek,prenjak, edel sanger, blackthroat juga bagus...

    ReplyDelete
  12. halo

    apa bisa memaster burung dengan menggunakan CD? kok katanya tidak sebagus pake suara burung asli? kalo om memaster burung dengan menggunakan apa?
    apakah berhasil?

    thx

    ReplyDelete
  13. keduanya bisa

    untuk metode menggunakan suara CD bisa dilihat di beberapa web....

    ReplyDelete
  14. olah terus kicau kenari...salam kicau mania

    ReplyDelete
  15. ada solusi cara memaster dengan lingkungan yang banyak kicau kenari standar nya om? Karena keterbatasan tempat dan menurut teman-teman saya itu jadi percuma...Saya baru seneng2nya kenari nih...help me...

    ReplyDelete
  16. Kadang saat burung menirukan suara masternya dia tidak akan menghiraukan suara kenari standar, namun hal itu sedikit banyak juga berpengaruh...Yang penting variasi lagunya enak didengar

    solusinya kl merasa terganggu dengan kenari standar ya jauhkan saja atau dilain tempat, kl memang sudah tdk ada tempat lagi ya coba ditempel terus dan cb lihat hasilnya...

    ReplyDelete
  17. apa bapak jual burung master?

    ReplyDelete
  18. saya tidak menjual burung master, hanya beberapa kenari yang sudah termaster.

    ReplyDelete
  19. gimana caranya memaster kenari dengan mp3 player pak? pasti berhasil nggak?

    ReplyDelete
  20. caranya tinggal diputer aja mas mp3 nya..hehe. Agar tenang burung bisa dikerodong, waktu pemasteran yg paling baik adalah pada saat kenari dalam kondisi istirahat dan tenang

    ReplyDelete
  21. Halo pak

    Jika pemasteran tergantung dengan kecerdasan burung lantas bagaimana memilih burung yang cerdas?

    ReplyDelete
  22. Untuk pak Agus

    cara memilih burung cerdas memang sulit menurut saya. Definisi cerdas sendiri juga menurut saya sangat abstrak. Menurut saya burung yg pandai menirukan suara burung lain belum tentu cerdas. Untuk mengetahui burung cerdas atau tidak cerdas, semoga saja kedepannya bisa saya tulis. Maaf karena jawaban saya masih ngambang

    salam

    ReplyDelete
  23. saat pemasteran menggunakan mp3
    frekwensi suara harus hampir miriplah dgn suara burung aslinya
    nah bagaimana cara mengatur frekwensi yg ideal tsb?
    apa harus menggunakan mp3 yg ada jedanya?
    takutnya jika tanpa jeda si burung yg akan dimaster jd strees
    karena ibarat kalah saing dgn mp3 dijejali suara2 tembakan trs
    berapa lama jangka waktu dalam sekali pemasteran menggunakan mp3?

    ReplyDelete
  24. frekuensi bisa diartikan sebagai besaran gelombang yang diterima oleh otak ataupun durasi suara master saat diperdengarkan. Jika yg dimaksud adalah masalah durasi pemutaran suara master lebih dari 12 jam dalam sehari maka bisa diterapkan dengan memutar suara master mp3 tersebut sesuai dengan timing kicau burung asli dalam 1 hari berikut tempo dan panjang setiap lagu yang dibawakannya.

    ReplyDelete
  25. kalau kenari dimaster goldfinch pasti mantab ya om

    ReplyDelete
  26. harusnya gitu Om tapi ya ada juga yang tidak mantab, semua tergantung proses serta kecocokan materi.

    ReplyDelete
  27. ass.salam kenal.untuk pemasteran memakai mp3 waktunya berapa menit/berapa jam,sehari berapa kali,dan idealnya pada saat jam berapa? mohon bimbingannya.nuhun

    ReplyDelete
  28. learning by doing saja Om, intensitas menjadi percuma jika tidak dibarengi dengan kualitas sound yang memadahi. Jadi jika digital sound sudah bagus maka lagu tsb bisa diperdengarkan menurut keyakinan pemasternya.

    ReplyDelete
  29. om mau tanya kalau kenari baru di master pake suara BT tapi kenari tersebut mendengar suara kenari standar dari burung tetangga. apakah suara BT nya masuk atau tidak ?

    makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa masuk dua2 nya cuma persentasinya tidak pasti atau bisa hanya salah satu saja

      Delete

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

Anda Menyukai Blog Ini?