Pages

Cari Artikel

Loading...

09 May 2010

Cara Merawat Burung Kenari

Cara Merawat Burung Kenari

Dalam merawat seekor burung kenari diperlukan beberapa langkah, mulai dari kebersihan yang meliputi pakan, air minum, dan kandang. Sebenarnya cara merawat burung kenari relatif mudah dan tidak ribet, namun juga bukan berarti tanpa kendala. Biasanya burung kenari mempunyai tingkat perawatan yang relatif mudah dan murah.
Dalam merawat burung kenari diperlukan perhatian di beberapa faktor. Adapun beberapa hal yang mendukung seekor burung kenari akan tetap sehat, gacor bahkan produktif. Banyak sisi yang menjadikan burung ini murah dan mudah untuk dirawat, seperti:
  1. Biaya pakan yang relatif murah
  2. Burung kenari adalah burung yang tidak mudah stress
  3. Beberapa pakar menyebut bahwa burung kenari memiliki tingkat adapatasi yang baik
  4. Memiliki perilaku yang mudah teridentifikasi oleh si pemelihara sehingga empunya burung lebih mudah untuk memahami
Walaupun terkesan murah dan mudah namun juga banyak halangannya. Beberapa peternak atau bahkan pelomba kelas kakap kerap dihadapkan oleh beberapa masalah pada burung kenari, mulai dari penyakit, tidak produktif, tidak gacor hingga kematian. Untuk mengantisipasinya memang diperlukan beberapa langkah seperti:

  1. Penjemuran yang teratur
  2. Pakan yang lengkap, baik, teratur dan berkualitas
  3. Kebersihan yang baik, meliputi kandang, air minum, pakan dan plangkringan
Beberapa tips beternak kenari juga telah saya tulis. Kemudian dibutuhkan pemahaman lebih lanjut seputar burung itu sendiri. Yang punya kenari pun harus ekstra waspada terhadap kemungkinan timbulnya penyakit dan perilaku tidak biasa pada burung. Selain itu hal-hal lainnya seperti merawat kenari import memang perlu mendapat perhatian khusus. Kenari import tentunya terkesan lebih manja dan membutuhkan perawatan serta pemahaman ekstra.

Untuk cara merawat burung kenari import seperti yorkshire, lanchasire dll akan segera dibahas dalam tulisan selanjutnya.




The original article was written by Mtl Canary
Blog: Beternak Kenari

9 comments:

  1. gmn caranya merawat kenari mabung om? f1 saya sudah 3 bulan belum juga gacor. Posisi 3 bln setelah mabung. mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  2. kondisi mabung seharusnya dirawat dengan intensive karena lebih rentan terhadap cuaca dan lingkungan. Dengan pakan yang cukup dan tambahan gizi ekstra bisa membantu memulihkan kondisi seperti semula misal saja telur dan buah apel. Bisa juga diberi beberapa vitamin yg bisa dibeli di pasar atau toko

    ReplyDelete
  3. ada bedanya ga om merawat kenari F1 dengan kenari lokal?

    ReplyDelete
  4. tidak ada bedanya, sama-sama harus dirawat dengan baik

    ReplyDelete
  5. merawat kenari yg blom bunyi gmn om,supaya lekas gacor????

    ReplyDelete
  6. malem om,
    gimana caranya merawat indukan yang macet bertelur

    ReplyDelete
  7. malem bos......saya mau tanya punya saya yorksire bulu lagi mlai utuh dari mabung kok belum kliatan griwik" kenapa ya...???,terima kasih

    ReplyDelete
  8. merawat kenari yg belum bunyi/sehabis mabung belum juga bunyi adalah pastikan bahwa burungnya jantan...hehe. Perawatan seperti pada umumnya dengan gizi yang cukup atau beberapa peternak yang memberikan kroto kepada kenarinya. Yang pasti jemur saat mentari tidak begitu terik, EF yang cukup, kebersihan yang selalu dijaga serta menghindari beberapa penyakit. Jika perlu diberi multivitamin dan dikerodong pada saat sore/malam.
    Untuk betina yang macet bertelur kemungkinan sedang mengalami siklus alami atau ketidaksiapan hormon yang bisa dipengaruhi oleh kelainan atau usia muda. Cara paling alami adalah dengan rutin mandi dan jemur, cara lainnya adalah dengan penggunaan obat-obatan untuk memacu perkembangan birahi dan kesiapan hormon yang biasa ada di pasaran.

    ReplyDelete

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

Anda Menyukai Blog Ini?