Cari Artikel

03 July 2010

Kenari Lanchashire

Saat kita membicarakan tentang kenari berukuran besar maka kenari lanchasire menjadi salah satu perbincangan yang menarik. Lanchasire canary merupakan kenari yang pada awal mulanya dikenal sebagai Manchester Coppy atau Manchester Fancy ini memang pada saat itu dikembangkan oleh beberapa peternak di Inggris tepatnya di kota Manchester. Konon kenari jenis ini adalah kenari terbesar yang pernah ada dan mempunyai badan yang tegap serta kepala yang tinggi.
Menurut beberapa sumber, kenari lanchasire ini mempunyai ukuran tubuh rata-rata 7-8 inci. Dengan kelebihan postur tersebut maka tidak heran jika kenari lanchasire digunakan sebagai kenari untuk membentuk postur beberapa kenari jenis lainnya seperti kenari yorkshire dan kenari norwich. Dalam perkembangannya lanchasire dikenal dengan 2 jenis utama yaitu lanchasire jambul (coppy) dan lanchasire dengan kepala biasa atau tanpa jambul (plainheads).

Ciri Kenari Lanchasire
  • memiliki ukuran tubuh yang besar, panjang serta mempunyai volume suara yang lumayan keras.
  • lanchasire berjambul memiliki ciri jambul yang hampir mirip dengan jambul yang dimiliki oleh kenari crested.
  • memiliki kaki yang panjang, sayap yang panjang serta ekor yang agak menjuntai dan berbentuk seperti kurva.
  • memiliki leher panjang dan kecil.
  • jika dilihat sepintas maka kenari jenis ini haruslah berdiri tegap dan kokoh.
  • seperti beberapa jenis burung lainnya, kenari lanchasire jantan tidak bisa dicampur dengan lanchasire jantan lain dalam satu kandang. Terlebih dalam usia matang/siap kawin kenari jenis ini mempunyai insting dalam mempertahankan wilayahnya.
Kenari lanchasire disinyalir mampu hidup selama 7-12 tahun. Sejarah mencatat bahwa jenis kenari ini mampu berkembang baik pada tahun 1700-an, namun sayangnya dalam masa perang dunia II kenari jenis ini dikabarkan hampir punah sama sekali. Saat ini kenari jenis ini mampu dijumpai di beberapa negara Eropa seperti Jerman, Inggris, Belanda dll. Di Indonesia sendiri jenis ini sedang dalam pengembangan, kebanyakan  merupakan burung import dan sangat sedikit yang berhasil membiakkannya.


Perkawinan Sesama Lanchasire
  • Jika lanchasire tanpa jambul dikawinkan dengan lanchasire tanpa jambul maka anakan yang akan di dapat adalah 100% lanchasire tanpa jambul.
  • Jika  lanchasire tanpa jambul dikawinkan dengan lanchasire berjambul maka akan menghasilkan anakan 50% tanpa jambul dan 50% berjambul.
  • Jika lanchasire berjambul dikawinkan dengan lanchasire berjambul maka akan menghasilkan anakan 25% tanpa jambul, 50% berjambul dan 25% sisanya akan mati.

6 comments:

  1. nanya pak, kalo LS dibandingkan dengan YS tingkat kesulitan mengembangkannya sulit mana?Untuk LS dikawinkan dengan lokal apakah anakannya akan cocok jika turun lomba?

    ReplyDelete
  2. yang bener pak itu kalo yg berjambul disilangin ma yg berjambul 25% akan mati??

    ReplyDelete
  3. tingkat kesulitannya saya rasa sama saja, soal masalah dan perilakunya serta mengawinkannya tidak jauh berbeda. Menaggapi LS jambul x LS jambul, ada satu sumber mengatakan bahwa LS berjambul dipengaruhi oleh suatu mutasi yang memiliki gen dominan tertentu. Saat LS jambul dikawinkan dengan LS jambul maka memunculkan kemungkinan 25% anaknya akan mati atau cacat di bagian tengkorak kepala. Secara ilmiah saya kurang bisa menjelaskan namun ada salah satu artikel breeding luar negeri yang mengatakan seperti itu.

    ReplyDelete
  4. jambul jika dikawinkan dengan jambul (gen resesif) secara dugaan ilmiah akan mengakibatkan keturunan yang kurang baik. Dalam beberapa refrensi memang tidak dianjurkan karena biasanya akan mengakibatkan cacat pada keturunannya bahkan hingga kematian dini.

    ReplyDelete
  5. mohon info untuk harga sekarang jenis jenis kenari.
    pak alamat tepat dimana thxs

    ReplyDelete
  6. brapaan kn LSskrg mas...saya mau beli.tlg infony.thx

    ReplyDelete

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.