Pages

Cari Artikel

Loading...

24 February 2012

Langkah Beternak Kenari Bagi Pemula

Mungkin sudah menjadi topik yang basi bagi sebagian kalangan untuk membahas langkah dan tips beternak kenari bagi pemula. Menilik dari berbagai sudut pandang ternyata memulai kegiatan beternak kenari mampu menyinggung banyak persoalan yang kadang dianggap sepele namun berdampak besar terlebih bagi beberapa orang yang ingin memulai kegiatan beternak burung kenari ini tanpa referensi yang dibilang cukup.

ilustrasi
Picture source
Melalui tulisan yang masih banyak kurangnya ini saya berusaha menuangkan beberapa gagasan serta opini beberapa rekan yang secara nyata terjadi di sekitar kita terkait masalah beternak kenari bagi pemula ini. Jadi pada dasarnya siapa sajakah yang dapat memulai usaha beternak kenari ini? jawabannya adalah mereka yang mau dan mampu mengelola, merawat dan berorientasi untuk menyejahterakan burung tangkaran dengan pengetahuan serta relasi dengan peternak lainnya. Tidak ada batasan umur ataupun jenis kelamin, berbagai strata sosial pun bisa memulai usaha ini, namun ternyata dalam perkembangannya untuk memulai usaha ini tidak semudah yang dikira.

Langkah awal yang perlu ditentukan dalam beternak adalah memahami dan belajar mencari informasi secara detail mengenai burung kenari berikut jenis-jenisnya meliputi perawatan, sifat jenis/strain nya. Setelah itu kemudian mencocokkan dengan kemampuan beli indukan yg akan ditangkarkan yang meliputi dana dan skill/pengalaman untuk menangkar. Ada baiknya jika bagi rekan-rekan yang ingin memulai usaha beternak kenari bisa dimulai dengan menangkarkan jenis yang relatif mudah dalam perawatan dan mudah untuk mendapatkan bahannya dengan kata lain kita memulai dengan cara yang efisien sehingga tidak akan berakhir dengan kekecewaan. Satu lagi adalah kejelian dan kemampuan membedakan jenis kelamin jantan dan betina, beberapa tips simpel dapat membedakan jenis kelamin tersebut dapat di klik di sini.

Tempat penangkaran bisa disesuaikan dengan keadaan namun yang terpenting usahakan mendapat sirkulasi udara yang baik, sirkulasi cahaya yang baik serta menyediakan tempat yang memungkinkan untuk melakukan penjemuran.Ukuran sangkar sebaiknya mempunyai besar yang cukup sesuai dengan besar kecilnya burung yang ditangkarkan, menurut pengamatan saya burung kenari lebih sering terbang secara horizontal ketimbang vertikal jadi mungkin sangkar ternak bisa diatur mempunyai lebar yang cukup dengan asumsi tinggi yang memadai juga. Sebenarnya tidak ada ukuran baku untuk besar kecilnya sangkar penangkaran namun bisa dikira-kira (lebih baik kebesaran ketimbang kekecilan).

Pakan, multivitamin serta obat-obatan banyak dijumpai di toko poultry atau toko burung/unggas bahkan di pasar burung, begitu pula dengan pernak-pernik sangkar yang juga mampu dijumpai di sana. Saat semua sudah tercukupi maka praktek pun segera dilakukan. Empat (4) poin penting dalam penangkaran burung pada umumnya adalah masalah perawatan, kebersihan, perlakuan dan gizi. Semakin baik 4 faktor tersebut terpenuhi maka semakin mudah dalam mencapai produktifitas yang nantinya akan berlanjut ke masalah kuantitas dan kualitasnya.

Seiring berjalannya waktu maka mental peternak/penangkar haruslah tahan banting menghadapi beberapa faktor alam seperti cuaca yang akan mempengaruhi pencahayaan dan kemudian kondisi udara. Selain itu perlu diingat atau kalau perlu dicatat bahwa resiko beternak hewan macam apapun adalah resiko KEMATIAN hewan yang ditangkarkan sehingga mental peternak haruslah siap untuk menghadapi hal tersebut. Akan lebih baik jika mencatat setiap generasi yang ada dan muncul setiap waktunya ataupun menggunakan ring (leg band) sebagai pembawa identitas peternak/penangkar.

“ketika seseorang memulai usaha beternak kenari maka yang dibutuhkan (hanya) kesabaran, keuletan serta motivasi untuk mencetak kenari sebaik mungkin dengan pola beternak yang sejelas dan sebaik mungkin, rejeki akan menyusul belakangan”

Berbagai pengalaman seputar belajar menangkarkan burung kenari dapat ditemukan di blog ini, akhir kata Selamat mencoba dan selamat berbagi. Sukses untuk ANDA!!





The original article was written by Mtl Canary
Blog: Beternak Kenari

54 comments:

  1. Mas mau nanya kalo ingin beternak kenari pemula seperti saya ini baiknya pake jenis apa?

    ReplyDelete
  2. Pertanyaan yang sulit dijawab Om karena jawabannya akan sangat subjektif namun saya menyarankan kepada teman2 yang lain agar mencoba dulu merawat-menjodohkan-produksi dari jenis kenari lokal (postur kecil).

    ReplyDelete
  3. Mas kalo burung kenari jantan sudah dikawinkan, bisa di ikut lombakan lagi gak?? kalo bisa gimana cara perawatannya??

    ReplyDelete
  4. mas klo kenari jantan setelah dikawinkan bisa di ikut lombakan kembali gak?? klo bisa gimana cara perawatannya, serta cara pemberian menu makannya??

    ReplyDelete
  5. OM GIMANA MBEDAIN KENARI LAKI SAMA PEREMPUAN. TRIMS

    ReplyDelete
  6. mas gimana ya mbedain kenari laki sama perempuan

    ReplyDelete
  7. @Arie Anggara: yang dimaksud setelah dikawinkan bagaimana Om? krn karakter burung berbeda-beda jadi pemberian makan juga seiring dengan kebiasaan dan memenuhi target tertentu yg dirasa kurang.
    @Jarwo Lelono: cara yg paling baik adalah dengan melihat burungnya langsung kemudian dipegang...sedikit clue bisa anda lihat, satu artikel tsb ada di blog saya...terimakasih

    ReplyDelete
  8. harga pasaran untuk kenari merah / putih kira2 berapa mas ???

    ReplyDelete
  9. @jajang: maaf sebelumnya Om karena saya kurang tahu, nanti takut salah...hehe. Barangkali harga menyesuaikan strain/jenis nya berikut kualitasnya.

    ReplyDelete
  10. minta saran dari om saya masih pemula baiknya ternak kenari yang seperti apa?! yang galur murni saja?

    ReplyDelete
  11. bebas Om tdk ada aturan yg mengikat namun pengalaman saya dulu dimulai dari jenis yg murah dan mudah ditangkarkan serta mudah didapatkan. Soal galur murni atau silangan menurut saya tergantung target dan orientasi masing2 peternak

    ReplyDelete
  12. kalau kenari saya udah nelor terus telornya saya pegang apa masih bisa netas ga ya, makasih

    ReplyDelete
  13. saya mw nanya ni om saya pemula ingin beternak kenari,apa di tempat tempatnya om ada indukan yang siap kawin?kalo gak ya yang masih muda sepasang,makasih sebelumnya,
    balas di email saya, ekowidyaskoro@yahoo.com

    ReplyDelete
  14. untuk indukan sementara belum ada yg dijual lagi, makasih.

    ReplyDelete
  15. maw nanya??? klo milih kenari untuk ternak bagusnya yang gimana??? alnya maw cari di pasar tp gak da yang bisa dipercaya... kenari yang siap kawin to cirinya gimana???

    ReplyDelete
  16. om mau tanya:ciri2 apa saja kenari yg sdh siap dijodohkan baik jantan maupun betina?

    ReplyDelete
  17. ciri2nya kalo sudah pengen kawin yaitu birahi dan sehat

    ReplyDelete
  18. om saya beli kenari jantan katanya pernah ikut kontes, tp saya jodohkan jangankan mau kwn dilihatpun kaga tuh betina. yg saya tanyakan ada harapan bs kawin kaga tuh jantan ?

    ReplyDelete
  19. Om saya mau nanya, sy punya beberapa pasang kenari dl udh pernah menetas 2x, tp setelah itu g bs menetaz lg pdh udh saya ganti beberapa x pejantan tp msh aja g bs netas, minta saranya. .sblmya makasih

    ReplyDelete
  20. rawatannya gimana Om? proses kawinnya gimana? proses eramnya gimana?

    ReplyDelete
  21. Proses kawin, pagi-sore slm 3hr, wkt pengeraman sering turun makan, stlh 14hr kondisi isi telur msh sama kyk telur yg br nelur n g bs netaz, minta saran om, makasi

    ReplyDelete
  22. yang tahu detailnya sebenarnya cuma yg punya burungnya. Gambaran umum mengenai telur yang tidak fertil disebabkan krn pembuahan yg tidak sempurna misalnya saja proses kawin yg tidak baik, kualitas hormon yang tidak baik serta faktor lainnya seperti proses eram yang tidak baik. Satu lagi masalah jenis mule yang memang mayoritas infertile. Kembali lagi ke masalah pakan dan perawatannya....

    ReplyDelete
  23. om saya mau tanya nih , kan dirumah saya ada kenari sepasang udehan bertelur dan sekarang lagi masa pengeraman tapi dalam proses pengeraman itu sendiri dua-dua nya ngeremin dalam satu sarang om itu kemungkinan bisa jadi apa tidak om?

    Terima kasih

    ReplyDelete
  24. Indukan betina kenari apa bs produk smpai usia 5thn om? Trus untuk pakan terbaik hrz di kasi makan seperti apa biar bs trus aktif produk dlm jangka lama

    ReplyDelete
  25. bisa, kasih pakan yang kira-kira mau dimakan burungnya dan memiliki komposisi tepat gizi bukan memberi pakan sebanyak-banyaknya dan semahal-mahalnya.

    ReplyDelete
  26. soal pengeraman: ya nanti dilihat aja bisa jadi atau tidak

    ReplyDelete
  27. Sy br bli indukan kenari yg udh prnah produk, saat d rmh sya kenarinya ada sebagian bulunya d ekor tmbuh, tp saya kawin kn n bertelur di erami 14 hr g bs netaz, yg mu sy tanyakan pd saat bulu2nya sebagian tmbuh apa pengaruh ama telurnya hingga g bs netaz

    ReplyDelete
  28. jenis makana untuk kenariyang baik itu apa aja ya ?
    dan bagaimana kandungan dan takaran gizinya untuk setiapkali memberi makan ?

    ReplyDelete
  29. dalam komposisi bilangan sulit bagi saya menjelaskan namun yang terpenting adalah bagaimana menyajikan menu pakan yang mengandung vitamin dan mineral yang disukai dan lazim untuk kenari. Semakin komplit gizinya semakin baik

    ReplyDelete
  30. OM saya mau tanya nih,saya kan beli kenari yang masih ngriwik sekitar umur 3~4 bln,nah udah saya rawat sekitar 3bln ko masih ngriwik az ya...pertanyaannya apakah semua kenari jantan pasti bunyi..?

    ReplyDelete
  31. kodratnya kenari jantan adalah bernyanyi sedangkan beberapa kenari betina juga ada yang bernyanyi (kadang sama hebatnya dengan jantan namun mayoritas tidak).

    ReplyDelete
  32. bos nanya nih... saya kawinkan kenari, beberapa hari kemudian, betinanya keluar telor.. tapi telornya empuk. kayak telor penyu... itu kenapa ya,,,? thanks

    ReplyDelete
  33. Om kenari betina ada yang mandul ga? Tks

    ReplyDelete
  34. telor empuk karena proses pembentukan cangkang tidak baik. Bisa jadi karena kekurangan mineral, umum dipahami sebagai kurang gizi. Namun penyebabnya tidak selalu demikian

    ReplyDelete
  35. di usia burung kenari 6 bulan sampai 5 tahun; dari pengalaman saya belum pernah menemui kenari yang mandul kecuali jenis "mule" seperti blacken, sangken dll

    ReplyDelete
  36. om mau nanya nich kenapa sangkar/ unjalnya sllu di oker2 om tp kdang di tata gi? trus brapa lma proses bertelur stlah ngujal?

    ReplyDelete
  37. mao nanya,,kenari yg sudah birahi itu gmn om?cwe n cwo

    ReplyDelete
  38. om numpang tanya, bedanya kenari cowok sama cewek kitika birahi itu gimana ya ?

    ReplyDelete
  39. mohon pertanyaannya lebih spesifik Om, kali ini saya bingung menjelaskannya

    ReplyDelete
  40. Om, kalau indukan jantan F2 dikawinkan dengan betina F1, anaknya akan menjadi jenis F1 atau AF, mohon penjelasanya, terimakasih

    ReplyDelete
  41. Om, kalau jantan F2 dikawinkan dengan betina F, anakanya akan menjadi jenis F1 atau AF? Mohon informasinya, terima kasih..

    ReplyDelete
  42. silahkan baca artikel lain dsni, judulnya: keturunan dan persilangan kenari II

    ReplyDelete
  43. mantap omm... ternak kenari lumayan menjanjikan..

    ReplyDelete
  44. om mau tanya, sekarang ini dipasaran ada perbedaan pandangan tentang F1.
    ada yg menyebutkan Ys X lokal = F1
    ada juga yg beranggapan Ys x Ys = F1
    Nah menurut jenengan, dari segi kualitas bagus mana?
    n masalah harganya lebih mahal mana?

    ReplyDelete
  45. om, sekarang dipasaran terdapat perbedaan mengenai penyebutan F1
    ada yg bilang Ys x lokal = F1
    ada yg bilang juga Ys x Ys = F1
    menurut anda dari segi kualitas bagus mana?
    dari segi harga bagaimana

    mohon infonya ya om, dari Magelang _suwuuun ^^

    ReplyDelete
  46. salam kenal Salam KM om. saya cuma tanya dikit aja om,untk jantan dan betina berapa usia kenari paling mudah uda bisa di kawinkan. thanks ya om.

    ReplyDelete
  47. Salam kenal salam KM om. Cuma tanya dikit aja om. Kira2 Usia paling muda,berapa bulan kenari siap kawin om.

    ReplyDelete
  48. Agung Nanda: silahkan baca artikel selanjutnya, judulnya: ketutunan dan persilangan kenari II

    Unknown: masing2 berbeda-beda, yg pernah saya alamami adalah 5 bulan-1th an

    ReplyDelete
  49. Om knari apa harus sangkar tembok, soal nya drmh Ǻϑά sangkar biasa cm digantung. Ud ganti Pasangan 3 jantan Βέℓϋ♏ juga bertelur? Mhn bimbingannya

    ReplyDelete
  50. Om apakah bs pke sangkar biasa ? Soalnya sdh ganti 3x jantan, betina juga Βέℓϋ♏ bertelurrrr??????

    ReplyDelete
  51. Misi gan
    Sy mo tny
    Gmn ciri2 Betina sdh mo nelur....?

    ReplyDelete

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

Anda Menyukai Blog Ini?