Cari Artikel

14 September 2010

Popularitas Kenari Berpostur Besar

Hingga saat ini burung kenari memang sedang naik pamor. Dalam tataran pasar dan komoditi, kenari berbadan besar atau berpostur besar kerap menjadi incaran para penghobi burung jenis ini. Mengapa hal ini menjadi kian marak dan populer? Apakah kenari berpostur besar mempunyai keunggulan tertentu dibandingkan dengan kenari berpostur kecil?
Tentu saja dalam perkembangannya pasar dipengaruhi oleh daya beli sekaligus permintaan. Jika ditinjau sebelumnya maka permintaan sendiri dipengaruhi oleh suatu asumsi serta beberapa faktor lain yang saling terkait. Mungkin jika diruntut kurang lebihnya akan menjadi seperti ini:
  • Postur besar tentu saja datang dari trah kenari berbadan besar pula. Maka jika demikian kenari berbadan besar akan sangat identik dengan yang namanya kenari import seperti yorkshire, lanchasire, border dll.
  • Setelah itu muncul asumsi dari kenari berpostur besar ini. Sepanjang yang beredar saat ini pamor kenari berbadan besar mampu menggeser kenari berpostur kecil yang ada di pasaran.
  • Mengenai asumsi mungkin kurang lebihnya seperti ini (maaf jika salah/kurang tepat) “saya adalah pemula dalam urusan kenari namun saya tahu apa itu burung kenari. Saat itu juga saya mengetahui keterbatasan profil burung kenari atau dengan kata lain sebatas kenari ‘pasar’. Lama kelamaan saya mengetahui ternyata ada kenari import berbadan besar dan sangat menarik perhatian dan kebetulan juga memiliki warna yang bagus,postur yang bagus serta suara yang bagus pula”. Jika asumsi ini melekat pada 10 orang saja setiap minggunya maka tidak heran jika peminat kenari berpostur besar kian bertambah.
  • Belum lagi masalah harga dimana kenari berpostur besar umumnya kan mempunyai nilai jual yang lebih tinggi daripada kenari berpostur kecil. Mungkin bisa dijadikan sebagai contoh kecil dimana jenis AF akan lebih mahal dari jenis lokal dan holland.
  • Setelah itu muncul persepsi individual yang secara umum seperti ini: Kenari berpostur besar lebih sedap dipandang, merupakan kualitas unggulan dan sangat cocok untuk dikembangkan. Selain itu mempunyai tingkat kecerdasan yang lebih baik daripada kenari lokal dan holland, dengan kata lain dianggap kenari unggulan.


Dampak Popularitas Kenari Berbadan Besar

Perkembangannya kenari berpostur besar sekarang ini sangatlah bervariatif. Kita dapat menengok mulai dari jenis F1,F2,F3 hingga ke beberapa jenis kenari fixed strain lainnya. Ternyata lama kelamaan membangun sebuah asumsi publik mengenai hal ini dimana mempunyai dampak positif dan dampak negatif dar beberapa sudut pandang. 
Dampak postifnya kurang lebihnya adalah dalam ranah peternakan dan perlombaan maka jenis postur besar ini turut meraimakan dan menjadi salah satu uji kemampuan dan kualitas secara umum. Hal lainnya adalah dengan maraknya hal ini memicu minat dan rasa ketertarikan dalam dunia kenari pada umumnya, yang lebih signifikan lagi adalah memicu dan memikat seseorang terhadap pengembangan dan penangkaran kenari, mungkin yang tadinya kurang populer menjadi populer kembali.
Dampak negatifnya kurang lebih mampu menimbulkan kerancuan dalam silsilah dan keturunannya. Secara khusus ini menimbulkan salah kaprah tentang penamaan Filial (F) yang telah beredar saat ini. Dalam tataran pasar maka seringkali jika postur seekor burung kenari mendekati postur F1ys walau bukan dari hasil kawin YS maka disebut sebagi F1ys, ini adalah letak salah kaprahnya. Menanggapi hal tersebut maka sebaiknya penamaan F (filial) tidak didasarkan berdasarkan besar tubuhnya (size) melainkan pewarisan keturunan dan berbagai sifatnya melalui hasil perkawinan. Dan satu hal lagi adalah kualitas jenis burung kenari tidak diukur dari posturnya saja melainkan secara keseluruhan. Jadi jika ada asumsi mengenai kenari berpostur besar adalah trah unggulan maka itu bisa disebut salah persepsi.

Maaf jika ada yang kurang berkenan bagi rekan-rekan semua. Jika ada kekurangan mohon ditanggapi.



The original article was written by Mtl Canary
Blog: Beternak Kenari

6 comments:

  1. makasih om tulisannya

    ReplyDelete
  2. Mantap tulisannya, om.Ada nga ya, kenari postur kecil mempunyai kualitas spt persepsi individual yang anda tulis. Kenari adalah burung unik yang banyak ragamnya untuk dimainkan dari warna, postur dan suara. Tingkat kecerdasan suatu burung kenari silangan jenis apapun mempunyai kesempatan ber IQ tinggi jika peternaknya mempunyai visi membuatnya. Hal tersebut harus dibarengi dengan inovasi menyilangan kenari yang masih satu species entah dari lokal(manyar,gelatik dsbnya) atau import( ys, ws dsbnya)hanya butuh kesenangan menangkarnya, rupiahnya akan menyusul nanti hehe.selamat menangkar dan memajukan dunia kenari indonesia.


    salam,
    widiadmoko, java bird farm.

    ReplyDelete
  3. Om,

    Apakah memungkin kawin silang antara manyar vs kenari atau gelatik jawa vs kenari.

    saya pernah iseng, nyatuin manyar atawa gelatik jantan dengan kenari betina, tapi kok nggak ada yang nafsu-nafsunya. Waktu kenari betina saya jodohkan dengan kenari nggak ada 1 minggu langsung kawin-kawin.

    Matur Nuwun

    ReplyDelete
  4. @Widiadmoko: terimakasih untuk saran dan masukannya, selalu ada hasil yang baik dibalik maksud yang baik. Sukses Om
    @hingga saat ini perkawinan silang antara kenari dengan jenis lainnya dapat terjadi jika masih tercakup dalam satu "family" namun berbeda "genus" misal: kenari x blackthroat, kenari x siskin dll. Setidaknya harus ada target dan tujuan dari penyilangannya...salam

    ReplyDelete
  5. jozz gandozz, mantab surantab tulisannya

    ReplyDelete

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.