Cari Artikel

27 August 2010

Master Kenari Paling Diminati







Maraknya lomba perkenarian ternyata berdampak pada banyak hal. Para pelomba secara tidak langsung dituntut untuk memutar otak mereka dimana harus menghasilkan gacoan yang mampu bersaing. Salah satu hal yang menjadi aspek tersebut adalah pemasteran.
Merambah dunia lomba sebenarnya adalah pilihan, namun untuk menciptakan burung yang berkualitas adalah keharusan bagi mereka yang ingin menjadi juara. Trend lomba yang kian lama bergeser membuat “suara isian” menjadi kian populer dikalangan penghobi. Salah satu asumsi yang dianut adalah maka dengan suara isian akan menimbulkan suatu variasi lagu yang unik serta inovasi yang dapat menambah gairah dunia lomba. 
Berikut ini beberapa daftar suara isian yang cukup dikenal dikalangan pemaster dan pelomba dengan bentuk polling sederhana. Polling ini tidak bertujuan dalam kepentingan siapapun dan apapun hanya untuk mencari kegemaran teman-teman sekalian yang telah sudi mengisi dan mengunjungi blog ini.

Jumlah Suara: 247



Ciblek
  53 (21%)
Prenjak
  23 (9%)
Blacktrhoat
  55 (22%)
Edel Sanger
  6 (2%)
Goldfich
  8 (3%)
Jalak Uren
  17 (6%)
Siskin
  2 (0%)
Suara Standar
  11 (4%)
Campuran (tanpa suara kenari)
  11 (4%)
Campuran (plus suara kenari)
  61 (24%)




Hasil dari polling tersebut adalah sebanyak 55 orang memilih blackthroat sebagai burung/suara master kenari sedangkan lainnya sebanyak 61 orang memilih campuran (plus suara kenari). Dalam campuran ini diimajinasikan sebagai suara master yang lebih dari 1 macam karakter yang dibawakan dalam 1 burung, misalnya saja 1 ekor kenari dapat membawakan lagu ciblek, prenjak, gelatik wingko plus variasi lagu kenari asli. Bisa juga variasi lagu lain yang tidak tertera dalam pilihan di atas seperti gereja "tarung", manyar, herda sanger dan lain-lain.

Di lapangan, penjurian tidak hanya dinilai dari variasi lagu saja melainkan banyak faktor seperti gaya, volume, panjang lagu dan lain-lain. Dalam setiap macam lagu yang dibawakan seekor kenari terkadang mempengaruhi gaya, volume serta panjang lagu yang dinyanyikan oleh si burung tersebut.
Akhir kata terima kasih kepada rekan-rekan semua yang bersedia mengisi polling ini. Sekedar share dan menambah pengetahuan bagi penulis dan teman-teman sekalian. Salam KM





The original article was written by Mtl Canary
Blog: Beternak Kenari

No comments:

Post a Comment

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.