Pages

Cari Artikel

Loading...

23 February 2010

Tips Memilih Burung Kenari

Tips Memilih Kenari

Dalam memilih burung kenari acap kali melihat status dan keturunan dari indukannya. Dengan penilaian tersebut acap kali menimbulkan persepsi dan kerancuan dibalik status keturunannya, yang artinya adalah dengan indukan juara maka anak yang dihasilkan akan berpotensi juara juga.
Memang sekarang ini tuntutan soal burung kenari ini menjadi kian bertambah, setidaknya ada beberapa aspek penting penilaian orang terhadap burung kenari. Misalnya saja kenari F1 yang dihasilkan dari perkawinan kenari jenis Yorkshire dengan local atau AF. Namun terkadang orang menanggap juga bahwa F1 bisa dihasilkan dari F1 dengan F1. Anggap saja F di depan adalah sebagai subjek penerang atas keturunan yang dihasilkan.
Namun menurut saya yang terpenting adalah kualitas. Dapat meliputi postur, warna dan suara. Warna sendiri sebenarnya masih dalam tergolong selera, kadang orang menilai bahwa warna tertentu lebih baik daripada warna lainnya, namun sebenarnya setiap burung mempunyai kompetensinya sendiri-sendiri.
Alhasil, karena kerancuan jenis dari keturunan itulah orang sering mempermasalahkannya. Yang terpenting adalah kualitas, yang berarti seekor burung dapat dinilai oleh kasat mata dan bisa didengarkan suaranya.
Maka upaya mengkawinsilangkan jenis bertujuan mencari bibit sesuai dengan keinginan penyilangnya, motivasi penemuan jenis baru dan berusaha memenuhi kriteria warna, bentuk dan suara dalam satu burung.

Untuk cara membedakan jenis kelamin kenari jantan dan kenari betina bisa klik di sini



Ditulis oleh

oneven17.blogspot.com
Jual kenari AF,F1,F2,F3,Yorkshire



The original article was written by Mtl Canary
Blog: Beternak Kenari

31 comments:

  1. kok saya punya kenari f2 posturnya relatif kecil ya? mohon pandangannya

    ReplyDelete
  2. memang ada yang begitu, bahkan terkadang ada f1 yang lebih kecil daripada AF. Mungkin pengaruh iklim, makanan dan keturunan. Dalam 1 tetasan pun kadang besar postur anakan tidak sama

    ReplyDelete
  3. gimana pak caranya milih yorkshire yang siap kawin atau yang bagus?katanya perawatannya susah?

    apa bpk ada yorkshire?harga sekitar brp ya pak?

    hehe, banyak tanya nih

    ReplyDelete
  4. kalo memilih yorkshire siap kawin bisa dilihat dari ngocehnya yang gacor. Cara lain adalah didekatkan dengan betina. Cara yang lainnya adalah bisa dilihat "pen" nya...

    untuk perawatan relatif lebih "rewel" daripada kenari lokal. Selain itu butuh penyesuaian tempat baru juga namun itu tidak sesulit yang dibayangkan.

    Harga Yorkshire bervariasi, tergantung kondisi dan postur tentunya

    ReplyDelete
  5. mantab om tulisannya!!!!!

    ReplyDelete
  6. kenapa warna hijau kebanyakan tidak disukai ya om?padahal kenari saya justru yang warna hijau yang volumenya kenceng,malah di lomba kebanyakan warna gelap kan!

    ReplyDelete
  7. jawabannya mungkin masalah selera. Kebanyakan orang lebih menyukai warna cerah (kuning,orange, bon,red,putih)daripda warna gelap (brown,isabel,hijau). Dan kebetulan juga beberapa pelomba mempunyai kenari kualitas lomba dengan warna gelap, namun ada juga yang warna cerah.

    ReplyDelete
  8. saya mw tnya ni pak..
    knp si knri yg saya pnya suara ny kcil..

    ReplyDelete
  9. kemungkinan sudah pembawaan dari sono nya atau beberapa aspek lainnya yg belum tercukupi.

    ReplyDelete
  10. oi ya pak cri2 knri yg bgus kyak gmn sii...
    lhat dr apnya...??

    ReplyDelete
  11. pak ad gx vitamin tuk suara knri...??

    ReplyDelete
  12. maaf om mau tanya,kalo misalkan kenari yg msh muda pakannya yg bagus apa ya om?
    ditunggu informasinya ya om.

    ReplyDelete
  13. ikutan kasih masukan ya mudah2an bisa jadi panduan ya.
    menurut saya kenari yang bagus postur badan ramping, bulu kasar dan paruh besar panjang, kepala hampir rata/sejajar dengan paruh jika dilihat dari samping. kalau anakan tentu dari induk berkualitas dan umur 2minggu sudah keluar sarang terus belajar bunyi. besar kecilnya suara dari kualitas induk dan rawatan harian. memang warna bon hijau botol sampai saat ini adalah burung tempur yang baik( dengan berpatokan pada keterangan diatas ). semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  14. sebenarnya kriteria bagus sendiri sangat relatif. Akan lebih baik jika melihat secara nyata masalah volume, postur dan karakter.

    ReplyDelete
  15. he he, maaf om saya cuma peternak kenari lokal dan pembuat blacken. Hanya info pengalaman saja selama berternak, jadi maaf masih banyak kekurangan. thakns

    ReplyDelete
  16. om sya mw bli knri...
    tp bsa gx d.krim k.sumatra...

    ReplyDelete
  17. tidak apa om, saya sangat berterimakasih karena memberikan arah dan masukan. Barangkali semuanya akan lebih mudah jika saling tukar ilmu. Untuk pengiriman ke luar pulau Jawa bisa diusahakan, ada rekan yg bersedia membantu namun spesifikasi dan biayanya kurang tahu persis

    ReplyDelete
  18. Thanks om commentnya, bisakah merubah warna kenari seperti starblue dengan warna dominan abu2 lurik/selir hitam menjadi sebaliknya, dominan warna hitam dengan lurik/selir abu2. atau untuk warna lain seperti isabel.
    andaikan blacken bisa dikawinkan kebali sengan kenari mungkin
    mantap hasilnya ya, he he



    salam, java bird farm

    widiadmoko ( jakarta )

    ReplyDelete
  19. om knp si knri aqu gx bnyi lg....
    kmren2 bnyi..
    tp ckrg gx bnyi knpa om...
    ad slusi ny gx om..
    thanz.

    ReplyDelete
  20. Om,
    Ada stock kenari jenis apa saja ?

    Ada stock F1YS dan F2YS nggak ?
    Yang bakalan atau dah bunyi, harga berapa ?

    Lagi pusing nyari buat gantiin kenari yang hilang.
    Saya maunya nyari Gloster Jambul, Istri maunya nyari turunan YS.

    Matur Nuwun

    ReplyDelete
  21. om..saya mau tanya ciri2 kenari betina yg siap kawin itu bagaimana???saya mau coba ternak kenari,mohon bantuannya

    ReplyDelete
  22. @Om Widiadmoko: penekanan garis tertentu terhadap warna disebut agate, bisa dihasilkan melalui perkawinan dengan bahan corak-corak tertentu. Ada pengalaman blacken (blackthroat x kenari) yang berhasil mempunyai keturunan jika dikawinkan dengan kenari.
    @anonymous: kenari yang tadinya gacor namun sekarang tidak gacor lagi bisa diakibatkan oleh banyak faktor, misalnya: penyakit, stress, mabung dll. Bisa di cek lagi secara detail apa penyebabnya... Untuk harga sangat fleksibel om, tergantung kualitasnya...ciri betina yg siap kawin adalah responsif terhadap suara jantan, menata sarang, ngleper-ngleper serta bentuk vent/dubur yang semakin mengembang.

    ReplyDelete
  23. Saya selalu mengikuti perkembangan blog ini, tadi rasa-rasanya ada komen yang jaka sembung alias ga nyambung bahkan dengan kalimat yang tidak etis. Sebaiknya Om Rio memoderasi komentar yang akan muncul supaya enak diliat.
    Maaf jika tidak sopan

    ReplyDelete
  24. Terimakasih atas saran dan perhatiannya Om Parno...sukses selalu.

    ReplyDelete
  25. om berapa harga kenari satu pasang...... aku kepingin berternak

    ReplyDelete
  26. bos aku wong muntilan nek pengin ngerti nengdi

    ReplyDelete
  27. om,,,aku pengen beli kenari yorkshire,,,warna orange atau merah ada idak,,kisaran harga berapa

    ReplyDelete
  28. saya punya knari ys betina jambul,kmarin2 bertelur 5 telur,tp knp telur yang dihsilkan tidak menetas semua?mhon bantuanya....

    ReplyDelete
  29. Hasil AF x AF jadi apa om?
    Jantan (hasil f1ys x taiwan) sedangkan betina (hasil F1ys x af)

    ReplyDelete

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

Anda Menyukai Blog Ini?