Cari Artikel

22 May 2010

Cara Merawat Kenari Mabung


Kondisi burung saat mabung khususnya kenari memang kerap kali meresahkan. Beberapa teman menanyakan tentang bagaimana cara merawat kenari yang sedang mabung. Yang perlu dipahami secara lebih lanjut adalah ciri-ciri dan kondisi burung kenari saat mabung itu sendiri. Secara garis besar kondisi ganti bulu, mabung atau mbodhol membuat si burung lebih banyak diam. Beberapa sumber mengatakan bahwa secara umum ciri ciri kenari mabung adalah sebagai berikut:


  1. bulu mulai jatuh atau lepas dari tubuh si burung
  2. lebih banyak diam dan jarang sekali bergerak (dengan lincah)
  3. burung akan berhenti berkicau atau ngoceh

Untuk mengidentifikasi atau mengetahui kenari tersebut sedang atau akan mabung terdapat cara-cara yang dapat dilihat. Seperti halnya jika bulu mulai kering dan terlihat tua bisa jadi itu tanda-tanda kenari akan mabung. Hal lainnya adalah dari sisi usia, biasanya masa kenari lokal untuk mabung atau ganti bulu berkisar 8-1 tahun sedangkan untuk kenari dengan postur besar bisa mencapai 1-1,5 tahun. Semakin bagus perawatannya maka akan semakin lama seekor burung mencapai usia mabung. Untuk itu diperlukan cara-cara mengatasi atau merawat kenari mabung 
    Classic Canary CD
  1. dikondisikan agar tenang. Bisa juga dikerodong
  2. pemberian pakan yang bergizi. Pakan ekstra sangat diperlukan untuk tambahan gizi bahkan multivitamin pun dirasa perlu. Beberapa makanan alami yang mampu memberikan kandungan vitamin yang lengkap meliputi sayuran, buah-buahan, telur dan biji-bijian.
  3. beberapa teman menyarankan agar kenari tidak terlalu sering dijemur dan mandi saat sedang mabung. Hal ini dirasa penting karena agar bulu dapat tumbuh dengan baik Dengan kata lain penjemuran seperlunya saja dan jangan terlalu sering dimandikan.
  4. jika ingin dilakukan pemasteran, maka sebisa mungkin burung yang sedang mabung tetap mendapat perhatian ekstra karena pada dasarnya kondisi mabung sangat rentan terhadap lingkungan sekitar 
  5. hindari dari udara bebas yang berlebihan, misalnya saja udara yang terlalu panas atau terlalu dingin. Usahakan juga jangan terlalu sering terkena angin.
Kondisi mabung bagi sebagian orang dijadikan sebagai waktu untuk memaster, secara fisiologi burung lebih banyak diam dan mendengar suara. Itulah alasan utamanya, namun kondisi mabung tetap saja bukan kondisi yang terbilang sangat tepat untuk dimaster karena burung tidak akan mencapai kondisi prima 100% akibat ganti bulu bahkan vitalitasnya pun cenderung menurun.

Catatan: Jika anda pemilik burung kenari import, perhatikanlah dan rawatlah baik-baik burung anda. Banyak kasus kematian karena kurang perawatan saat mabung. Untuk download suara burung master bisa klik di sini, gratis!!


Ditulis oleh
Betrenak Kenari




The original article was written by Mtl Canary
Blog: Beternak Kenari

10 comments:

  1. bener juga om....gimana caranya mengatasi kenari mabung yang ga selesai-selesai? mohon bantuannya

    thx a lot

    ReplyDelete
  2. Masa kenari mabung umumnya 2-5 bulan, semakin besar burungnya maka akan semakin lama masa ganti bulunya. Kalau ada masalah tidak selesai2 brarti itu mirip dengan ys saya om...caranya pakan cukup plus suplemen, beberapa teman saya menganjurkan untuk masuk polier

    ReplyDelete
  3. Saat saya membaca pendapat di forum kenari di facebook mereka mengatakan kalau saat KN mabung tetep boleh dijemur dan dimandikan.

    Mohon tanggapannya

    ReplyDelete
  4. apa kesalahan penanganan waktu mabung bisa menyebabkan indukan berhenti bertelur kalau ya, gimana caranya menanganinya

    ReplyDelete
  5. om kalau mau beli induk,an kenari lokal di mana?aku ada di daerah samarinda

    ReplyDelete
  6. di daerah Om apakah tidak ada? untuk di Jawa bisa diperoleh di pasar burung, peternak atau penjual.

    ReplyDelete
  7. komentar dimoderasi oleh user, blog: Beternak Kenari
    waktu komentar asli: (Oleh Jaka, Said On April 14, 2012 10:27 AM)

    om cara tw kenari udah bener2 selesai mabung gmn?? saya udah ngikutin semua saran yg di tulis di blog ini terkait kenari mabung, dan memang benar kenari saya berhenti rontok bulu cm 1 bulan dan udah mulai ngoceh lg, tp saya blm yakin 100% kalo kenari saya selesai mabung, krn cm 1 bln doank mabungnya

    Reply: kenapa belum yakin Om?

    ReplyDelete
  8. untuk pemasteran kenari mabung baiknya berapa lama ya (hari/minggu) dan pada saat pagi, sinag ato malam hari...mohon pencerahan nya..

    ReplyDelete
  9. lamanya sampai proses mabungnya selesai, prosesnya ya sama dengan pemasteran seperti biasanya

    ReplyDelete
  10. om skrng burung kenari saya sedang mabung.,.cuma saya suka seenak nya ngurus burung nya kadang sehari ngga d bersihkan + ganti makanan dan minum.,.,.tapi itu burung setia pagi sekitar jm 6 suka bunyi nyeriwik om.,. ini ertama kali nya burung saya mabung, umur nya masih muda.,.

    ReplyDelete

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Add to My Yahoo!