Cari Artikel

07 June 2010

Penyebab Penyakit Kenari

Setiap makhluk hidup tak luput dari suatu penyakit, begitu juga dengan burung kenari. Beberapa teman kerap menanyakan kepada saya bagaimana cara mengatasi kenari yang sakit sekaligus cara menyembuhkan kenari yang sedang sakit. Untuk menjawab pertanyaan tersebut memang tidaklah mudah.
Dalam artikel ini saya ingin terlebih dahulu mengenalkan tentang penyebab penyakit pada burung kenari. Ternyata penyakit yang menjangkit kenari dapat disebabkan oleh banyak faktor yang secara khusus meliputi:
  • Virus. Penyakit pada kenari yang disebabkan oleh suatu virus mempunyai efek yang sangat signifikan dimana cepat menyebar dan dapat menjangkit burung atau makhluk hidup lainnya. Penyakit kenari yang disebabkan oleh virus antara lain influenza, orithosis dan new castle.
  • Bakteri. Burung kenari pun mampu dihinggapi oleh bakteri-bakteri jahat. Penyakit yang seringkali mengidap kenari yang disebabkan oleh bakteri misalnya saja diare dan TBC.
  • Jamur. Parasit ini biasanya menyerang saluran pernapasan dan bahkan saluran pencernaan. Jamur seringkali menyebabkan pembengkakan pada saluran pernapasan kenari. Jamur pun mampu menyerang bagian luar seperti kaki dan bagian kelopak mata.
  • Amoeba dan Protozoa. Biasanya berbentuk kista dan menyerang kenari saat masih di dalam telur. Efek yang ditimbulkan pun terbilang akut dimana kenari akan mengalami pendarahan di dalam tubuh.
  • Tungau. Termasuk dari spesies serangga dan tidak tahan panas. Beberapa jenis tungau yang menyerang kenari adalah tungau merah, tungau bulu dan tungau guil. Tungau ini mudah ditemui jika kondisi kandang/sangkar tidak bersih. 
  • Cacing. Sering juga disebut sebagai penyakit cacingan. Jenis-jenis cacing yang mampu menyerang kenari adalah: cacing pita, cacing gelang dan cacing rambut.
  • Kutu. Makhluk kecil ini dapat membuat bulu kenari menjadi rontok dan kenari merasa gatal. Pada dasarnya kutu akan menghisap darah kenari sehingga tergolong organisme parasit.


Untuk mengatasi beberapa penyakit di atas maka diperlukan perhatian dan perawatan yang baik. Perhatian bisa meliputi kecermatan dan intensitas terhadap kondisi burung agar selalu sehat. Perawatan yang baik dapat meliputi kebersihan kandang, pakan yang baik, vitamin dan gizi yang cukup serta penjemuran yang cukup.

Semoga nantinya tulisan seputar penyakit pada kenari dan cara mengatasi sekaligus penyembuhannya dapat disajikan dalam waktu dekat

Salam kenari mania

daftar pustaka
Soeseno, Ari, Beternak Kenari Edisi Revisi (Jakarta: Penebar Swadaya, 2008)



The original article was written by Mtl Canary
Blog: Beternak Kenari

30 comments:

  1. mohon bantuannya

    Kenari saya sakit tapi saya tidak tahu sakit apa. Gejalanya kaki bengkak dan selalu diangkat sebelah. Sudah hampir 1 bulan belum sembuh juga. Kira-kira kenapa ya?

    ReplyDelete
  2. Banyak penyebabnya pak, bisa virus, jamur atau luka. Coba diperiksa lebih teliti apakah kakinya yang sakit berdarah, bengkak atau gatal.

    ReplyDelete
  3. kakinya terlihat bengkak dan sewaktu saya pegang sepertinya burungnya kesakitan. Selama ini saya obati pake betadin pak,atau ada obat manjur lainnya?

    mohon sangat bantuannya

    ReplyDelete
  4. Pak sy mau tanya,,,kenari sy kakinya kok banyak semacam kutil,,sampai di jari jarinya pak,,,,sdh sy obati gk hilang jg,,,,pusing sy pak,,,pusiiing,,,,,mohon bantuan bpk,,,apa obatnya,,,mengenai kebersihan hingga pakan,,,smua sy perlakukan khusus istimewa,,,tp msh jg kutilan kakinya,,,,hadeeeeeeh,,,,,,puciiiiiiing,,,,,,,

    ReplyDelete
  5. @Bayi Solo: diobati pake apa? menurut keterangan anda terdapat kata "banyak kutil" jadi asumsi saya kakinya cuma dipenuhi dengan banyak(semacam) kutil, apakah benar? atukah hanya endapan kotoran atau sisik yang mengeras pada kaki kenari?

    ReplyDelete
  6. bagaimana cara mengatasi kaki kenari yang bengkak?

    ReplyDelete
  7. bgmna cra merawat burung knri yg kakinya bngkak???????
    pdahal udah di kasih salep 88.,.,.,.,
    mhon pnjlsnnya..,..,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Anonymous,,,,Kalo bengkak krna jamur cb truskan saj boss salep 88 nya,bisa jg pakai obat tetes "SPEKTRA" itu yg prnah sy alami mf kalo masukan nya ada yg salah

      Delete
  8. menurut anda kenapa bisa bengkak? pengobatan yg efektif adalah mengetahui penyebabnya kemudian mengobatinya menurut penyebabnya. Dan bagimana gejala2nya?????

    ReplyDelete
  9. keliatannya parasit/jamurr.,.,

    ReplyDelete
  10. itu karena sangkar lembab/kotor...teman2 biasa pake minyak tawon sebelumnya dibersihkan dengan air hangat (ditambah sedikit garam lebih baik).

    ReplyDelete
  11. saya baru membeli kenari holland, suaranya sepertinya hilang, pada saat berbunyi (paruhnya terbuka) tetapi suaranya tdk ada.
    sebelumnya suaranya seperti serak dan akhirnya hilang.
    kenapa kenari saya, apakah sakit? bgm pengobatannya ?

    ReplyDelete
  12. kenari saya suaranya hilang, apakah sakit ? bagaimana pengobatannya ?

    ReplyDelete
  13. @Ricky: ada beberapa kemungkinan, yang pertama adalah terkena penyakit gondok (diobati dengan obat gondok) diakibatkan karena kekurangan mineral dan yang ke dua karena serangan kutu yang masuk ke saluran pernapasan/air sac mite (diobati dengan anti kutu + antibiotik) dan yang ke tiga adalah penyakit tertentu yang menyebabkan peradangan dan lendir dalam saluran pencernaan dan pernapasan (diobati dengan kombinasi antibiotik.

    ReplyDelete
  14. kenariku kaki diangkat, jarinya kuning dan bengkak, diolesi minyak tawon, trus lama2 kering dan jarinya jd hitam & putus (seperti kusta) dan menular ke yg lain,, sakit apa yah om? obatnya apa yah? terimakasih

    ReplyDelete
  15. menurut saya ada bbrp hal yang luput dari pantauan. Putusnya jari diakibatkan krn terputusnya aliran darah pada jari tersebut, biasanya karena infeksi yang sudah akut, terputusnya otot/urat dan salah penanganan. Obatnya disesuaikan dgn gejalanya...kombinasi antiobitk, obat oles kaki dan treatment khusus yg memakan waktu lama

    ReplyDelete
  16. sore om, kenariku sudah banyak yang mati karena sakit kurus / nyilet, pakan bijian mix lengkap selalu tersedia, sayur, buah dan telur diselingi dengan vitamin juga sudah. apa benar penyakit kurus (megabacteria) tidak bisa diobati? mohon cara penanganannya om.. terima kasih

    ReplyDelete
  17. penyembuhan dan pemulihan terhadap penyakit megabekteri memang tergolong lama sehingga waktu krisis juga berlangsung lama. Maka waspada....jaga kebersihan pakan, air minum dan sangkar.... cermati tekstur dan warna dari kotorannya, jika ada kelainan seperti mencret atau berak kapur diikuti napsu makan masih baik namun jika dipegang; badan mengalami kurus dan masih terlihat lincah maka kenari tersebut setidaknya sudah terjangkit penyakit tsb selama krg lbh 2 hari.

    ReplyDelete
  18. Numpang nanya om,kenari saya beberapa ada yang mengalami kebotakan, disekitar leher dan mata. kakinya juga kadang bentol diujung jari dan lama2 mengering kuning. sudah mandi pakai antikutu, oles kaki pakai minyak tawon, serta diminumi antibiotik, belum ada perubahan. sakit apa yah? dan penanganannya bagaimana om? thanks

    ReplyDelete
  19. bisa jadi karena serangan kutu dan kandang serta tangkringannya yg kurang bersih. Solusinya ya jaga kebersihan, ivermectin diteteskan pada tengkuk sesuai petunjuk. Biasanya pembengkakan di kaki memang tidak bisa diidentifikasi lewat jarak jauh, harus tahu detail dan penyebabnya baru dicari obat dan penanganannya.

    ReplyDelete
  20. Maaf om nanya terus... Ivermectin itu merk yah? di pasar burung adanya wormectin, apakah fungsinya sama? dimana saya bisa mendapatkan Ivermectin? Terima kasih

    ReplyDelete
  21. ivermectin adalah zat kimiawi yg ditujukan untuk membunuh parasit (semacam kutu)pada tubuh hewan mamalia namun dlm praktek dan perkembangannya pemakaiannya dpt diaplikasikan untuk unggas dgn komposisi/dosis dan cara tertentu. Ya, wormectin termasuk ivermectin biasa dijual di kios pasbur atau tempat2 toko ternak dan semacamnya

    ReplyDelete
  22. OOm, kenari saya berumur 24 hari. Makannya maunya jagung, saja tidak mau yang lain. Kemudian, matanya nampak berair, dan banyak tidur. Apakah itu penyakit? Bagaimana mengobatinya? Terima kasih banyak, oom.

    ReplyDelete
  23. bisa jadi gejala snot, coba cari obat di kios atau pasar burung dgn indikasi sesuai dengan gejala burung tersebut.

    ReplyDelete
  24. siang om,,KN saya bagian lehernya bengkak lumayan besar,saya sudah kasih obat anti gondok,olesin minyak tawon,smpe pake propolis tapi ga ada hasil smpe sekarang..kira2 knapa ya?

    ReplyDelete
  25. Siang om,aq mau nanya apa penyakit d kaki KN berpengaruh ma bunyinya?
    soalny KN q br brs mabung n kakinya brsisik tp udah sbln ni ga mau bunyi
    Mohon jawabannya y om,mksh

    ReplyDelete
  26. leher bengkak: bengkaknya bagaimana?
    kaki bersisik: bersisik belum tentu sakit, bisa jadi karena kurang jaga kebersihan.

    ReplyDelete
  27. sore ... mau tanya , klo kenari batuk obatnya apa yaaa


    yl - jakarta

    ReplyDelete
  28. Sore Om..Maaf Mw nanya..Kenari saya kakinya bengkak pd telapak kaki..diujung jari jg bengkAk n kukunya menguning..itu pnyakit apa n
    Obatnya apa..makasih

    ReplyDelete
  29. Om mau tanyw kelopak mata dikenariku luka kaya mborok .. obtnya ap.. makasi

    ReplyDelete

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.