Cari Artikel

15 June 2010

Pentingnya Penjemuran Burung Berkicau

Dalam mencetak burung juara tentunya diperlukan penanganan dan perawatan yang baik, begitu juga pula dengan burung kenari. Cara menjadikan kenari supaya giras, mempunyai jiwa petarung dan produktif tentunya tak luput dengan yang namanya penjemuran.
Beberapa dari kita tentunya pernah bertanya; bagaimana mencetak burung jawara? Atau kenapa produksi sering terhambat? Berikut ini akan dibahas salah satu faktor penting tentang penjemuran berikut berbagai manfaat dan cara-caranya.
Yang harus diketahui terlebih dahulu adalah bahwa menjemur burung berkicau termasuk kenari merupakan hal yang sangat penting. Tidak peduli jantan atau betina pastilah semua burung butuh sinar matahari, bahkan makhluk hidup pada umumnya. Ilmu pengetahuan mengajarkan kepada kita bahwa sinar matahari mampu memberikan tenaga bagi makhluk hidup yang berupa kalori dan beberapa vitamin melalui proses metabolisme tubuh. Secara singkat adalah sinar matahari berguna dalam membantu metabolisme makhluk hidup. Secara khusus, sinar matahari mempunyai manfaat yang baik untuk burung, antara lain:
  • Membantu membakar lemak dan kalori
  • Membantu membangun enzim-enzim dan hormon-hormon yang menunjang produktivitas seperti kelenjar gondok
  • Mampu memberikan tenaga dan vitalitas 
  • Membantu menjaga suhu tubuh sekaligus memeperkuat daya tahan tubuh melalui sistem imun yang diproduksi dalam tubuh
  • Membantu tubuh dalam memproduksi beberapa vitamin seperti vitamin D dan vitamin E. Dengan kata lain penjemuran mampu mengurangi kepucatan terhadap burung akibat kurang jemur dan udara dingin. 
  • Dalam kasus tertentu panas dari sinar matahari mampu mengurangi penyakit gatal-gatal akibat jamur, kutu dan parasit lain.


Melalui banyaknya manfaat tersebut tentu saja kita tidak bisa menganggap sepele lagi masalah penjemuran ini. Dengan kata lain adalah dengan penjemuran yang teratur maka burung akan menjadi lebih fit, giras, sehat dan mampu berproduksi secara baik. Adapaun cara menjemur burung yang baik antara lain:
  • Dilakukan antara jam 07.00-10.00 pagi dimana sinar matahari belum begitu terik dan menyengat. Bisa juga dilakukan saat sore hari pukul 15.00-16.00 sore dimana sinar matahari tidak begitu redup dan tidak begitu panas.
  • Penjemuran dilakukan antara 10-30 menit tergantung kondisi panas atau tidaknya sinar matahari. Jika terpaksa dilakukan penjemuran siang hari antara jam 12.00-14.00 maka sebaiknya penjemuran dilakukan maksimal 15 menit saja (tergantung panas atau tidaknya sinar matahari)


Beberapa manfaat penjemuran burung dan arti pentingnya penjemuran terhadap burung memang telah banyak ditulis oleh rekan-rekan lainnya sebelum adanya tulisan ini. Dengan semua tulisan yang ada diharapkan dapat membantu rekan-rekan pecinta burung berkicau semuanya. Akhir kata SALAM KENARI MANIA

Ditulis oleh
Beternak Kenari



The original article was written by Mtl Canary
Blog: Beternak Kenari

3 comments:

  1. dalam menjemur apa perlu burung ikut dimandikan juga? misalnya disemprot air?

    ReplyDelete
  2. klo kayak gini ada teorinya ga si gan?klo ada tolong dikasih sumber doonnk,,donnkk..

    ReplyDelete

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.