Cari Artikel

26 September 2011

Telur Kenari Gagal Menetas

Bagi beberapa orang yang sedang memulai usaha atau hobi beternak kenari tentu saja sering merasa tidak tenang jika harus dihadapkan kepada masalah sulit produksi. Beberapa hal yang perlu dipahami adalah tidak ada cara instan untuk membuat burung kenari yang kita rawat dapat berketurunan atau berproduksi.

Ilustrasi
Source
Banyak faktor yang mempengaruhi produktivitas ternak yang telah sedikit saya bahas di artikel sebelumnya (untuk melihatnya klik di sini) bahwa selanjutnya diperlukan metode dan mekanisme rawatan jangka panjang guna membuat burung kenari yang ditangkarkan mampu berproduksi hingga umur 5 tahun atau di atasnya. Kembali ke masalah judul, mengapa telur kenari gagal menetas? Berikut beberapa pembahasan umum yang terkait dengan kelangsungan keturunan dan reproduksi kenari:
  • Proses kawin: untuk mengetahui salah satu penyebab gagalnya telur kenari untuk menetas adalah dari proses kawinnya. Secara alami burung kenari betina dapat mengeluarkan telur walau tidak ada proses kawin atau pembuahan dari induk jantan, jadi jika ingin mendapatkan bibit dari telurnya maka dibutuhkan proses kawin.
  • Hormon: saat proses kawin terjadi secara baik namun telur kenari gagal menetas setelah masa pengeraman 14 hari atau telur terlihat kosong setelah di cek pada usia pengeraman lebih dari 5 hari maka salah satu kemungkinannya adalah kurang matang/siapnya hormon indukannya. Jika selama ini beberapa penghobiis hanya mengacu kepada faktor jantan saja yang berperan terhadap hasil pembuahan sel telur dalam tubuh betina maka ternyata faktor betina juga berperan dalam menghasilkan keturunan. Dalam hal ini perlu diingat bahwa kondisi birahi pada burung kenari tidak dapat disamakan atau menjadi patokan bahwa burung tersebut juga mempunyai hormon yang baik dan subur.
  • Suhu: sering dijumpai bahwa bibit/piyik kenari yang sudah terbentuk di dalam telur tidak dapat menetas setelah masa 14 hari pengeraman. Salah satu penyebabnya adalah karena suhu yang terlalu panas dan terlalu dingin. Jika telur yang sedang dierami oleh indukannya mendapat intensitas sinar matahari langsung dalam waktu yang lama maka biasanya kondisi telur akan mengalami dehidrasi. Begitu pula sebaliknya jika suhu terlalu dingin dan telur kurang mendapatkan kehangatan yang baik maka biasanya proses pembentukan bibit tidak akan berlangsung dengan baik.
  • Psikologi: kondisi stress pada indukan yang mengeram telur juga turut memicu keberhasilan telur tersebut menetas. Saat indukan stress maka dia akan mempunyai kecenderungan untuk meninggalkan sarang pengeraman (tidak mengeram) dan dapat berperilaku yang tidak wajar, misalnya perilaku hiperaktif karena over birahi, terdapat kutu di sarang pengeraman atau kondisi tempat ternak yang kurang kondusif.
  • Penyakit: sudah sewajarnya jika burung kenari yang sedang terinfeksi penyakit akan mengalami penurunan stamina dan nafsu makan. Selain itu burung kenari yang terkena penyakit saat mengeram dalam beberapa kasus akan malas mengerami telur-telurnya walau dalam beberapa kasus indukan yang terkena penyakit jika tak tertangani secara baik dapat mati dengan kondisi mengerami telur-telurnya. Hal lainnya adalah jika penyakit tersebut menyerang burung kenari indukan sebelum proses kawin maka biasanya akan berhubungan dengan daya tetas telur yang tidak bisa maksimal, begitu pula jika penyakit hinggap pada burung kenari indukan setelah proses kawin.
  • Kondisi/stamina: kondisi burung yang terlalu capek akibat terlalu terforsir untuk kawin atau kontes bisa jadi malah menimbulkan masalah baru, beberapa hal ditengarai terjadinya egg binding dapat dipicu karena kondisi induk betina yang terlalu letih untuk mengeluarkan telur-telur dari rahimnya. Sedangkan pada indukan jantan stamina yang terkuras dan tidak fit juga turut mempengaruhi kualitas sperma.

Masih terkait dengan daya tetas telur bahwa ada hal yang paling mendasar yang tidak bisa ditinggalkan yaitu masalah GIZI. Kebutuhan akan vitamin, mineral dan zat-zat yang dibutuhkan oleh burung kenari melalui pakan, suplemen, penjemuran dan kebersihan harus terpenuhi secara baik sebelum masa produktif itu tiba. Hal ini juga juga tidak bisa diselenggarakan dan mempunyai efek yang tiba-tiba/instan melainkan butuh proses untuk menanganinya. Ini sekaligus menjelaskan fenomena indukan yang tidak mau ngisi dimana seringkali antara gizi dan kematangan hormon tidak ada kesinambungan bahkan ditemui beberapa burung yang dipaksakan kawin sebelum benar-benar dalam kondisi puncak.


The original article was written by Mtl Canary
Blog: Beternak Kenari

154 comments:

  1. mas bedanya telur warna abu-abu dan putih apa mas??
    dan knpa telur ga di erami?

    ReplyDelete
  2. mantab sekali artikelnya!!

    ReplyDelete
  3. Obat atau vitamin untuk breding yang bagus apa Mas...?

    ReplyDelete
  4. @Kreatif Bangsa: umumnya telur kenari berwarna abu kebiruan dan terdapat bintik2 coklat kehitaman
    @Questbird: obat beda dengan vitamin, jika cari obat maka sesuaikan dengan penyakitnya jika cari vitamin cari yg mempunyai indikasi (ingredients) paling lengkap apapun merk nya dan gunakan sesuai petunjuk.

    bagi yg sudah suka, terimakasih

    ReplyDelete
  5. saya rutin memberi vitamin 2X seminggu, namun untuk asupan mineral, yang bagus apa yah om? yg banyak dijual dan bentuknya cairan? soalnya kadang KN tidak mau tulang sotong. Terima kasih atas jawabannya. Salam

    ReplyDelete
  6. maksud anda mineral yang seperti apa? Pengalaman saya KN tetap mau makan tulang sotong hanya saja makannya tidak selahap seperti makan bijian, telur dan sayur

    ReplyDelete
  7. itu yang mau saya tanya om, pengertian mineral itu apa aja? dan dalam bentuk apa saja? yang saya tahu, hanya kalsium pada tulang sotong, namun beberapa KN saya tidak menyentuhnya sama sekali. ada juga Carcoal dan greed sand yang saya sediakan, namun tetap ada saja betina yang kurang produktif, padahal pakan, EF, mandi & jemurnya sudah maksimal (menurut saya sih.. hehehe). Terima kasih sebelumnya

    Salam
    Uphay

    ReplyDelete
  8. kekurangan mineral belum tentu identik dengan kurang produktif tp kekurangan mineral berpotensi mengurangi tingkat produktivitas bahkan hingga ketidakseimbangan hormon krn mineral harus dissuport dgn vitamin, misalnya kurang yodium dapat menyebabkan gondok. Jika yg dimakasud Om terkait dengan daya tetas telur maka mineral seperti kalsium, fosfor, kalium, klor, seng, zat besi dan teman2nya dibutuhkan oleh semua makhluk hidup. Asam amino juga sangat penting krn sebagai basic pembentuk protein dan perangsang metabolisme, dan sinar matahri juga penting. Kebanyakan kita terlalu paranoid jika burung kurang vitamin atau mineral tapi nyatanya mereka tdk seburuk yg dikira. Bahwa indikasi telur tidak menetas selama 1-5 periode eram bagi saya itu masih wajar. Sebenarnya biji2an, sayuran, buah dan EF lainnya sudah banyak mengandung vitamin dan mineral...jika masih kurang silahkan membeli produk vitamin dan kemasan yg banyak dijual dgn berbagai merk.

    ReplyDelete
  9. Saya mau nanya ni om ,indukan mau brtelur setelah berapa hari perkawinan om??

    ReplyDelete
  10. tidak tentu, yg pernah saya alami adalah 1-6 hari, keadaan semua telur ada bibitnya

    ReplyDelete
  11. Punya sudah saya kawin kan 1 minggu om ,tapi kog belum bertelur juga ya om ,padahal induk betina sudah matang ,la itu karena faktor apa lagi ya om?

    ReplyDelete
  12. maaf sblmnya, yg dimaksud adalah matang apanya Om? Jika yakin sudah terjadi proses kawin dgn baik tp belum bertelur maka mungkin hormon pada betinanya yang kurang baik

    ReplyDelete
  13. Om kenari saya betina nya udah bertelur ,tapi kok masih naik turun sarang ya om?

    ReplyDelete
  14. Pakde ,kenari saya cuma bertelur 1 butir ,kog bisa gitu ya? itu gara2 faktor apa ya?

    ReplyDelete
  15. OM, salam kenal, saya penggemar baru di kenari.
    trims, blognya bagus banget.
    mau tanya, berapa hari jantan harus diambil dari betina setelah proses perkawinan? atau setelah ada berapa telur di petarangan, jantan nya harus diambil?
    trims.

    ReplyDelete
  16. @anonym: naik turun sarang wajar jika dalam rangka minum dan makan. Bertelur 1 butir bs jd krn banyak faktor, seperti kualitas hormon, indung telur dan lainnya.
    @suksestotal: terserah saja karena tergantung tujuannya namun yg perlu dipastikan adalah proses kawin terjadi secara baik krn masing-masing metode punya plus minus nya sendiri2.

    ReplyDelete
  17. Mau nanya om ,telur ke.2 keluar nya selang 1 minggu dari telur pertama ,itu wajar apa gimana om? dan telur ke.2 itu bisa menetas apa enggak om? terimakasih

    ReplyDelete
  18. wajar atau tidaknya tergantung kasusnya namun umumnya telur kenari akan menetas jika terdapat bibit akibat hasil perkawinan dan kemudian dilanjutkan dengan pengeraman yg baik.

    ReplyDelete
  19. Lando : Mohon maaf Om agak melenceng dikit pertanyaannya...
    Kalo betina sudah siap utk dibuahi dalam artian sudah bunderin sarang dan keliatan sering dlm posisi mengeram, tp setiap dimasukkan pejantan, semuanya ditolak dan sudah 3 pejantan yg dicoba. Bgm membuat dia tidak terlalu galak, pdhal menurut saya si betina udah cukup birahi. Mohon pencerahannya Om.. Thanks.

    ReplyDelete
  20. bagi saya ada 3 jenis karakter sifat "galak" pada kenari dilihat dari penyebabnya, karena belum birahi, terlalu birahi dan memang terlahir galak. Kemungkinan yg dialami oleh om adalah krn dlm rahim sudah ada telurnya, selain itu dlm kasus tertentu bunderin sarang bahkan sering menempati sarangnyanya pun belum tentu sudah siap kawin jd kalau boleh saya balik nanya, apakah pejantannya sudah siap kawin? bagaimana metode penjodohan yg om terapkan sehingga 3 ekor pejantannya ditolak semua?

    ReplyDelete
  21. rere: om mau tanya nih,, maksimal betina memiliki keturunan berapa generasi ya om,
    saya sudah 3 generasi dan menghasilkan 6 anakan kenari
    krna semakin lama hanya 1 telur yg menetas dari 3 telur yg di kerami
    generasi pertama menetas semuanya 3 telur
    generasi k 2 hanya 2 telur yg menetas
    dan skr hanya 1 telur yg menetas dr 3 telur yg di erami
    kira2 kl saya kawinkan lg msh bs ga ya om
    mohon pencerahanya

    ReplyDelete
  22. bagi saya selama masih hidup dan masih bisa menghasilkan telur maka peluang menghasilkan keturunan masih terbuka. Daya tetas telur dan kesiapan hormon dipengaruhi oleh pola pakan, perawatan dan gizi serta faktor internal dari sang induk betina seperti faktor pengeraman dan faktor ektsternal seperti suhu dan gangguan parasit lainnya.

    ReplyDelete
  23. Mau tanye om ,harga kenari bakalan di pasar kira2 sampe brp ya om?

    ReplyDelete
  24. silahkan cek di pasar Om sesuai dgn detail yg Om harapkan

    ReplyDelete
  25. mau tanya om. kenari saya dah bertelur 4 sebelumnya udah mengeram tapi mengapa sekarang kok cuma nangkring ya? tidak mengerami telurnya lagi.

    ReplyDelete
  26. om,kenari saya sudah bertelur sekarang yg ke 3 x nya tp semuanya tidak menetas kenapa ya

    ReplyDelete
  27. ternyata tulisan lainnya sumber aslinya dari blog ini,,,hhmmmm baru tau

    ReplyDelete
  28. mau tanya om....saya ternak kenari 3 pasang g da yang jadi satu pun.....posisi kandang ternak dekat dengan jenis burung lainnya dan dekat dengan keramaiaan jalan...yang saya tanyakan...
    apakah ada pengaruhnya jika kenari saya dekat dengan burung jenis lainnya dan dekat keramaian jalan...trima kasih om atas jawabannya..!!!

    ReplyDelete
  29. jika tidak mengganggu proses penjododohan, kawin dan eram tdk masalah

    ReplyDelete
  30. salam kenal mas,kenari sy sdh krg lbh 14 hari mengerami & pejantan tidak sy pisahkan berharap pejantan mau mengerami ternyata tidak..apa itu wajar hnya betina yang mengerami..trim's

    ReplyDelete
  31. sangat wajar, malah jantan yang mau mengerami dan mau meloloh anak2nya dengan baik masuk kategori yang tidak wajar karena jarang dijumpai..hehe

    ReplyDelete
  32. gan mau tanya nih kalo kenari saya sedang mengerami telurnya dan mati ketika mengerami telurnya apakah telur itu bisa menetas?? mohon bantuanyaa

    ReplyDelete
  33. kalo telur fertil dan proses pengeraman dapat dilanjutkan oleh induk lain tetap bisa menetas

    ReplyDelete
  34. salam kenal gan.. kenari saya sdh 2 x bertelur dan mau mengerami, tp kok gk bisa netas napa ya? untuk proses perkawinan sudah terjadi bahkan dlm 1 hr terkadang lebih dari 10x kawin. kira2 apa penyebabnya.. makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  35. barangkali kuantitas kawin akan berpengaruh namun kualitas saya rasa lebih berpengaruh. Penyebabnya bermacam-macam, sedikit gambaran sudah saya jelaskan di atas, untuk detailnya harus melalui pengamatan langsung.

    ReplyDelete
  36. Maaf Om numpang nanya, kalau KN Betina sudah bertelur dan sudah mengerami telurnya, KN Jantanya perlu di pisah apa enggak? makasih

    ReplyDelete
  37. hal tersebut sangat situasional tergantung kebutuhan. Bisa dipisah bisa juga tidak

    ReplyDelete
  38. Makasih om menarik sekali dan sangat berguna bagi saya yang pemula, Aziz Bantul Jogja

    ReplyDelete
  39. Makasih om menarik sekali dan sangat berguna bagi saya yang pemula, Aziz Bantul Jogja

    ReplyDelete
  40. Wah makasih sekali om, sangat berguna bagi saya yang pemula ...

    ReplyDelete
  41. maaf om ni mau tanya ... ibdukan mengkeram lebih dari14 hari kira2 bisa netas g ya om..padahal yg lainnya udah pada netes..nuwun

    ReplyDelete
  42. Maaf om numpang cari pengalaman kenRi betinA sy sudah bertelur 2 x namun tidak menetas semua. untk wkt bertelur yg ke 2 temen sy titip untuk mengerami telur milikny Yg ditinggal mati induknya. telur yg menetas justru malah punyanya temenku yg telur asli netina milik saya tdk menetas. faktor Ap om yang mempengaruhi

    ReplyDelete
  43. penyebabnya sudah saya tulis di atas, mungkin bisa ditambah beberapa faktor situasional sesuai dengan masing2 kondisi peternakan.

    ReplyDelete
  44. di atas 14 hari jika telur masih bisa menetas maka ada kemungkinan anda salah hitung hari dari pertama telur itu keluar kemudian dierami.

    ReplyDelete
  45. gan, kl pejantan udah umur 1th dibuat ngawin tp gak ngisi alias telurnya kosong itu apa prmasalahnnya ya????? padahal udh d coba ngawin betina 3,proses kawinnya jg udah di pantau, kl betinanya itu udh positif produktif smua, trs solusinya gmn?? thx gan, d tnggu jwbannya...

    ReplyDelete
  46. sebenarnya proses kawin itu tidak sesimpel yang kita kira bahkan hal seperti perilaku burung, kondisi fisik serta bagaimana rincinya perilaku burung dalam 1x24 jam kita tidak akan tahu. Maaf saya tidak akan berusaha menjawab seolah-olah saya tahu karena mungkin anda yang lebih tahu kondisi burung anda sendiri. Pada prinsinya hal umum sudah saya tuliskan di atas cuma ada perbedaan satu burung dengan burung lainnya dikarenakan begitu banyak faktor.

    ReplyDelete
  47. Maaf om sblumnya kembali ke pertanyaan awal, penyebab kenari hanya bertelur satu yg lebih akurat itu apa om penyebabnya? Dan apakah kemungkinan kenari akan menetas... Trim kasih

    ReplyDelete
  48. hehe, akurat tidaknya itu tidak secara teori melainkan pengamatan jadi harus tau perawatan dan kondisinya.

    ReplyDelete

  49. Misi Om.....
    Penyebab kenari mati saat mengeram itu apa ya Om...?
    Trim's

    ReplyDelete
  50. gimana caranya supaya telur kenari menetas semua ya om...??

    ReplyDelete
  51. permisi om... mau tanya negh,saya punya 1 kenari jantan dan mau saya kawinkan dengan 3 betina,1 kenari udah jadi pasangannya dan sudah bertelur.. setiap kali saya mau mengawinkan dengan kenari yg laen,kenari yg mengeram selalu keluar sarang,seperti memanggil si jantan,apa ni berpengaruh sama telur yang di erami..?? 1 lg om.. saya jg pny kenari betina yg sudah menetaskan telurnya, tp anak kenari baru umur 25 hari ternyata di sarang udah da 2 telur.. pdhl gak da pejantannya.. pa bila saya masukkan jantan,dan kawin pa telur ketiga bisa isi...? terima kasih...

    ReplyDelete
  52. mau nanya om kenari betina bertelur jangka waktu untuk brtelur lg dr telur pertama brp hari ya om...

    ReplyDelete
  53. Maaf om barangkali pernah punya pengalaman seperti sy, kenari betina saya sdh mengerami telurnya selama 4 hari kemudian mogok..tidak mau mengerami lagi, kira2 dua hari mogok ngeram telurnya baru sy pindahkan ke indukan lain yg kebetulan baru sj bertelur... apa msh ada kemungkinan menetas ya?... tq

    ReplyDelete
  54. Mau nanya nih om, kalau kenari betina lagi ngeremin telornya , makanannya apa ya om? Apa sama kayak biasa yaitu biji"an,telur dan sayur?
    Thanks

    ReplyDelete
  55. diperbanyak gizinya, porsi juga diperbanyak atau dengan kata lain dibuat manja.

    ReplyDelete
  56. @anonim: masih bisa walaupun tidak ada jaminan karena tergantu proses eram dan kualitas bibitnya

    ReplyDelete
  57. slm knl om,,mo tanya nih om saya punya KN betina 10 ekor dan jantan nya cuma 2 ekor,apakah dgn 10 ekor betina bisa di buahi sama 2ekor jntan om???


    ReplyDelete
  58. salam kenal. KN sya bertelur 3 yg 1 sdh netas yg 2 dan 3 selang berapa hari ya om! saya tnggu. sdh 2 hari g menetas lagi. apa saya. buang aja telur yg ke 2 dan 3 nya ya om. mhn masukanya

    ReplyDelete
  59. Salam kenal mas saya ari.setelah 1 hari kn kawin tiba betina jadi galak kenapa ya mas

    ReplyDelete
  60. Salam kenal mas saya ari.setelah 1 hari kn kawin tiba betina jadi galak kenapa ya mas

    ReplyDelete
  61. Salam kenal mas saya rivai Mau tanya mas bila kn sdh kawin dan 2 hari stlah itu kenari betina jadi galak kenapa kiranya yah mas?

    ReplyDelete
  62. om maaf mau nanya, klo telur udah 14 hari dierami belum menetas ,apakah harus menunggu beberapa hari lagi untuk menetas.? n apa yang harus kita lakukan klo memang telurnya gk menetas,segera buang telur dulu atau mengawinkannya lagi

    ReplyDelete
  63. kalau hitungannya benar berarti telur tersebut tidak fertil/tidak ada bibitnya. kalau ingin mengawinkan lagi tgl menunggu waktu birahi saja

    ReplyDelete
  64. achmad rivai: perilaku alami, biasanya dialami oleh betina muda atau betina yg terlalu birahi

    ReplyDelete
  65. Om mw tnya nih....KN sy dah 2x ngeram telor, tp ndak ad 1 pun yg menetas ya om??
    ap fktor dr pejantan ya om??
    kasih solusi dong om...
    trims

    ReplyDelete
  66. solusinya sabar dan maksimalkan barang yang ada. Sebagai peternak yang baik adalah memaksimalkan produktivitas dengan apa yang ada. Pastinya untuk mencari solusi harus diamati dlm waktu yg tidak sebentar

    ReplyDelete
  67. Om mau tanya kalo kenari betina yg baru menghasilkan telur pertamnya jarang isi??? Padahal proses kawin sudah dilakukan berulang"
    Trima kasih om
    Salam kenal

    ReplyDelete
  68. pagi om mau taya kn gagal netas udah 15 peyebabya apa

    ReplyDelete
  69. Om mau tanya, kn sya yg indukan udh pernah kawin n bertelur, tapi yg jantan baru prtama kawin. Baru 3hari di satuin, yg indukan'y minta di lolohin tapi yg jantan'y takut (mungkin di kira ngajak berantem) wajar atau ngga ya om.

    ReplyDelete
  70. Sy punya kn betina 5, bertelur smua, yg 4 selalu menetas tp yg 1 induk betina yg sama tidak pernah menetas padahal kesmuanya perlakuan nya dan mengeramnya jg sama. Pertanyaannya apa penyebab tdk menetasnya telur selalu pd betina yg sm tsb? Terima kasih. Suta

    ReplyDelete
  71. mau tanya om, suhu yang bagus untuk kenari yg sdg mengerami itu berapa derajat ya om?

    ReplyDelete
  72. Om sy mau nanya, kn sy udah 2x bertelur tapi ygg 1 ada isix n mati d dalem terus yang 3 kosong,, penyebabx knpa?
    Apa faktor cuaca, kalo jantannya ngisi gakk kalo kyak gt?? Mksi dr suaib

    ReplyDelete
  73. terus terang saya tidak pernah memakai/mencatat alat ataupun catatan rinci untuk menjelaskan suhu udara ideal dalam beternak kenari namun saya pernah mengalami dlm interval 22-32 derajat celcius kondisi masih baik2 saja.

    Penyebab kegagalan menetasnya telur memang dipengaruhi banyak faktor, jikas telur tdk ada bibitnya biasanya karena tidak terbuahi secara baik atau kualitas eram yang buruk.

    ReplyDelete
  74. Om, kenari betina lg meloloh anak tau2 bertelor lg. Pasca telor 1 itu, betinanya disatuin lg sama jantan dan terpantau kawin . Apakah telor selanjutnya ngisi ? Sekarang jmlh telornya udah 5, yg pertama udah dibuang

    ReplyDelete
  75. Om tanya apakah kenari jantan lama gak kawin itu tidak isi/tidak bisa membuahi si betina?

    ReplyDelete
  76. knapa mas pjantan ku kok mnurunkan sarang yg d buat si betina..apaslah dg cara kawin.y apa emang hrus d pisah lok betina lg bangun sarang

    ReplyDelete
  77. bagaimana cara menetaskan telur tanpa di enggkrami gan

    ReplyDelete
  78. Misi om saya mo tanya kenari indukan saya sudah ada telur di perutnya...bahkan sudah besar...sudah 10 hari ga mo keluar telurnya....yang sebelumnya bertelur normal normal aja.....normal dari kawin sapai mengeluarkan telur kira kira berapa lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3-5 hari setelah kawin biasanya telur mulai terbentuk

      Delete
    2. Misi om. Mau tanya jika kita tdk yakin dgn KN jantan kt trs mau kita ganti dgn pejantan KN yg lainnya pd satu kenari betina yg paling baik nunggu berapa hari?atau yg benar gimana?

      Delete
    3. lamanya tergantung, kalau bisa langsung kenapa tidak? tidak ada rumusnya.

      Delete
  79. Om....saya mau tanya klau kenari lokal di kawinin ama kenari(impor)kira"mau kawin ga ya......?"

    ReplyDelete
  80. Om....klau kenari lokal kira"mau kawin ga klau di kawinin ama kenari import.

    ReplyDelete
  81. Misi om...numpang tanya soale msh pemula hehehe...
    Penghitungan kenari angrem itu di mulai dari telur pertama atau gimana om ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mulai dia mengerami telurnya, kl tidak ada telur berarti dia tidak ngeram kan? hehe....lamanya mengeram bisa dihitung dar teur terakhir keluar.

      Delete
  82. Permisi om. Mau tanya kalau kita tidak yakin dgn pejantan KN kita yg pertama trs kita ganti dgn KN jantan lainnya pada KN betina yg paling baik itu nunggu berapa hari atau yg benar gimana?

    ReplyDelete
  83. mau tanya om, saya pemula di ternak KN. kenari saya baru bertelur 1, indukan jantan nya sudah saya pisah apakah berpengaruh pada telur dan betina nya?

    ReplyDelete
  84. Om. Kenari aku bertelur 3 sdh 3 minggu gak netas. Pejantan aku pisah. Aku lht kok telurnya tambah 3 jadi smua 6, sebbaiknya gimana om. Di buang aja atau di tunggu. Minta penjelasannya.

    ReplyDelete
  85. Om mau tanya. kenari betina mau ngeram. setelah menetas kok tdk mau ngloloh. mohon solusinya..

    ReplyDelete
  86. Om aq mau tnya.kenari pejantan q kx gk ngisi.ap yg bagus makanan si penjantan biyar ngisi lagi.dulu ngisi sekarang gk

    ReplyDelete
    Replies
    1. telur tidak fertil/infertil belum tentu faktor dari pejantannya, bisa krn betina atau dua2nya. Penyebabnya sangat banyak dan penanganannya pun tergantung penyebabnya

      Delete
  87. Om, saya kmren beli burung kenari yg masih bahan/belum bunyi.. nah kira2 klo siap kicau itu butuh wktu berapa bulan lagi ya om

    ReplyDelete
  88. gan kenari saya sudah bertelur 3. setelah 8 hari saya cek pake lampu,kelihatan ada 1 telur yang tidak ada perubahan seperti urat-urat merah.dan yang 2 telur sudah kelihatan urat-uratnya.tapi sampai sekarang sudah 15 rahri telurny kok belum menetas juga ya? karena menurut informasi telur akan menetas setelah 14 hari.mohon bantuanya gan?terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tunggu sampai 17 hari, terkadang hitungan kita yang meleset. Aatau bisa di cek lagi seperti langkah tersebut, telur akan kelihatan sangat gelap dan nyaris tidak ada celah untuk sinar masuk. kalau masih belum menetas telur dibuang saja.

      Delete
    2. Om, mau tanya kn betinaku dah nelur 1, apakah lgsg dierami atau tidak pada umumnya?? Krn punyaku sering ninggalin sarangnya..
      Apa harus selese dulu pr0ses b'telurnya baru bs melakukan proses pengeraman??

      Delete
    3. bisa langsung dierami bisa menunggu semua telur keluar

      Delete
  89. Kenari betina mengeram mulai hari ke berapa stlh tlur keluar?

    ReplyDelete
  90. om telur kenari saya sudah 14 hari tapi ko belum menetas juga yah? sbener udah saya cek telur tersebut berisi. apakah saya harus menuggu beberapa hari gtu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya coba ditunggu 2 hari setelahnya, kalo tidak menetas dibuang saja

      Delete
  91. Kang saya beli kenari bawa telur tpi stlah sya bwa pulang sdh tdk mau anggrem lg, klow tlurnya sya buang apkah betinya bisa lgsong dikawinkan ato nunggu beberpa hari dulu, , thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. telur dibuang, bisa dikawinkan lagi jika sudah sama2 mau/siap

      Delete
  92. om kenari saya habis bertelur 1 tapi gagal, klo mau produksi lagi gimana?

    ReplyDelete
  93. Salam kenal... mo tanya nich, "Mulai menghitung masa pengeraman dari mana? Soalnya dr sejak telur pertama pun induk sdh diam di sarang. Apa mulai menghitung dari telur terakhir?" Makasih.

    ReplyDelete
  94. om,mohon petunjuk oom.buru saya udh bertelur 4.saya menggunakan kandang gantung.ketika bertelur 1 si betina bertelur di tempat pakan.sampai telur ke2.lalu saya taburkan kapas di kandang hingga si betina membuat sarang di tempat pakan.sampai 2 telur itu tertutup kapas lalu si betina malah berpindah ke sarah sebelumnya yg sudah saya siapkan.kemudian ke 2.telur itu yg tertutup kapas saya pindah kan ke sarang yg saya siapkan sebelumnya.kemudia si betina pindah haluan lg mengeram di tempat pakan lalu saya pindahkan lagi ke 2 telur itu ke tempat pakan sampai akhirnya si betina bertelur sejumlah 4 butir dan stabil mengeraminya.dan 1 sampai 3 kali kandang pernah saya pindah-pundahkan.apakah si telur bisa menetas om.tapi telurnya di eramin terus om.mohon pencerahanya..om.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan menetas masih ada. Pengalaman saya telur kenari masih bisa menetas setelah 2 hari tidak dalam masa pengeraman, tentunya syarat dan ketentuan berlaku.

      Delete
  95. kalau telur telur yg tidak menetas di pecah cuman berwarna oren kyak cuman ada kuningx iu bararti kenapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf, saya sulit untuk membayangkan. Jika dirasa tidak seperti biasanya bisa jadi kondisi telur tersebut memang abnormal dan tentunya penyebabnya akan sangat berhubungan dengan pengalaman peternaknya/ilmu pengetahuan. Maaf, saya belum ada jawaban soal ini

      Delete
  96. Salam kenal om...
    Sy pecinta kenari & pemula.
    Kenari sy bertelur 4. Indukannya disatuin. Sy coba pisahin, betinanya g mau ngeram. Terpaksa sy satuin lgi. Krna pas disatuin mereka akur seperti sepasang suami istri...
    Pas hari ke 6 betina kya marah. Knpa ya om?. Pdhl tiap pagi sy bersihin kandang, kasih pakan biasa z dan normal seperto biasanya...
    Yg mau sy tanyakan:
    Apakah kemungkinan bisa menetas klo betina g mau ngeram?. Anehnya posisinya dogantikan si jantannya. Heeee.....
    Klo betina g mau ngeram knpa ya?. Marah / stress?. Pdhl tmpat sy g bnyk gangguan dri orang lalu lalang / predator. Kandangpun bersih....

    Sya tkut g netes om...
    Sy stress sampai g bisa tidur...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak mau mengeram bisa jadi karena memang mentalnya belum terbentuk, hal tsb membutuhkan waktu dan kesabaran peternaknya. Jika telur tidak dierami lebih dari 2 hari (baik oleh betina/jantan) maka kemungkinan menetas akan tipis.

      Delete
  97. Om mau nanya om. Saat pejantan sedang numbuh bulu jarum dan sedanv doring ekor apa mau jantan'a dikawin kan?
    Tp sekarang betina'a sudah membuat sarang dan bertelur om.
    Makasih om

    ReplyDelete
  98. Permisi om mohon bimbingan,,KN saya sudah mau bertelur,,gak sengaja dia lepas dan membentur tembok,,apa telur jadi masalah atau tidak ya om,,mohon bimbingan,,trimakasi sblmnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ketika tidak ada gangguan kesehatan dalam proses mengeluarkan telurnya bisa jadi baik2 saja

      Delete
  99. om permisi nih saya mau nanya, saya baru kali ini menjodohkan kenari, kenari saya di rumah dia baru kali ini menetaskan telur, baru 1 butir apakah bsk akan mengeluarkan telur lagi. satu lagi om kalau saya ingin melihat telur itu berisi atau tidak itu disenter kan, nah bila ada isinya saya pulangkan kembali ke tempat pengeraman, nah apakah betina kenari akan mengerami telurnya lg om? thx yah om mohon bimbingannya yah om.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saat betina mengeluarkan telur biasanya memang ada jeda, lama jeda tidak mesti. Masalah telur disenter kemudian diletakkan kembali itu tidak masalah, saya pun melakukannya

      Delete
  100. Salam kenari om..!! mau tanya om...kenari saya bertelur dicepuk makanannya sebanyak 4 butir tanpa pejantan/kawin..!! setelah itu telurnya saya buang karena saya yakin telurnya pasti infertil...!! pertanyaan saya berapa hari kenari bertelur lagi supaya bisa saya kawinkan..?? makasi om

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktunya tidak tentu, biasanya selang krg lebih 7 hari bisa dikawinkan lagi

      Delete
  101. Salam kenal om...saya punya KN betina kenapa km saya tiap bertelur trus saya liat telurnya trus malah dipatokin n dimakan apa solusinya...mohon pencegahannya...trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betina tersebut tampaknya butuh nutrisi lebih, sebaiknya diberi banyak asupan gizi yang cukup

      Delete
  102. Misi om. Salam knl
    Sy pengen ternk kn sy om tp cara2nya gk paham.
    Sy tanya om
    1. Umur brp kn jantan dan betina bisa diternakan om?
    2. Tp gk tau brp umurnya om.
    3. Gmn cara mengawinkannya om?
    4. Kandangnya, brp ukuran yg min nya om?
    Tlg dikasihtau ya om,sy bnr2 gk tau.
    Thanms seblmnya y om..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Usia produktif antara 6-1 th ke atas. Sarana belajar paling baik adalah baca dan datang ke tempat peternakan. Informasi lainnya bisa dibaca di artikel saya yang lainnya.

      Delete
  103. Om mau tanya , kenari saya kan udah bertelur satu , dan sudah dierami , misalkan jantan nya saya pisahkan itu apakah ada dampak nya tidak yah om .
    Mohon pencerahan nya

    ReplyDelete
  104. Tanya juga om ,. Kalo pejantan blm juga ngisi pasca mabung kenapa ya.. udh 7 betina yg dikawin tapi blm juga isi.
    Udh 6 bulan dari selesainya mabung.
    Sebelumnya isi terus padahal !!!??

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika dirumah ada pejantan lainnya coba dipakai dan lihat hasilnya. Jika masih tidak isi maka penyebabnya akan banyak sekali.

      Delete
  105. Maaf om sy pemula mau nanya sedikit..pada saat penjodohan kenari jantan dan betina langsung sy campur dlm 1 kandang..yg terjadi si jantan ngerool habis dan betina kelepek2 hinga terjadi perkawinan.setelah itu jantan sy pisahkan. Besok nya sy cb lakukan sprti itu lg dan terjadi perkawinan.tp masalh nya betina nya galak tidak pernh mau satu kandang yg terjadi berantem. Nah gm tuh om biar betina ny mau rukun. Skrg betina nya bertelur 1 biji dn telur ny di sembunyikan di sangkar ny. Apakah telur itu bisa menetas krn posisi ny di bwh serabut. knp betina bertelur 1 butir terus? Ini sdh ketiga kali nya dlm 3 bulan terakhir ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam beternak kenari terlepas dari rukun atau tidaknya jantan betina yg lebih penting adalah terjadinya perkawinan, bertelur kemudian menetas. Masalah jumlah brp butir telur yg dikeluarkan dari betina bisa karena faktor gen, gizi dan usia.

      Delete
  106. Pagi om . nanya dunk .saya lagi proses berternak kenari sudah bertelur 2 .pas tadi pagi.betina'a mat . Masih bisa kah telur yang 2 itu menetas tanpa ada betina . mohon di bantu ya om .makasi

    ReplyDelete
  107. Pagi om.nanya dunk saya ada kenari lagi proses bertelur tadi pagi telur sudah ada 2. Tapi betina mati .kira2 masih bisa kah telurnya menetas tanpa ada betina . dan yang jantan apakah harus dipisahkan dari telur apa gmana .tolong ya dibantu om .makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika tidak dierami kemungkinan tidak bisa menetas. Bisa dititipkan ke betina lain yg sedang mengeram

      Delete
  108. Mau nanyak... kenariku bertelur tiga tp yang satu jatuh tinggal dua tp kok gak di erami ya.. mintak penjeladannya boss

    ReplyDelete
  109. Saya pemula ternak kenari kenari saya bertelur 3 tp yang satunya jatuh ... saya ambil dan saya pisahkan kenari jantan terus kok tidak di erami ya idah tiga hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang terkadang seperti itu, ada kalanya betina merasa gelisah atau tidak nyaman berada di sarang. Coba diteliti lagi kondisinya

      Delete
  110. Om apakah betina yg bertelur dan mengeram sendiri tanpa proses prkawinan krn telat memsukan jantan..bsa d kawinkan dgn jantan dan apakah terlur yg dhasilkan setelah proses prkawinan bsa fertil,,ato hny telur yg tnp pembuahan

    ReplyDelete
  111. Kapan telur kenari yg kedua keluar setelah telur prtama? Mohon pecerahannya!

    ReplyDelete
  112. Kapan telur kenari yg kedua keluar stlah telur yg prtma?? Kok blm ada ya?

    ReplyDelete
  113. Om kenari saya bertelur di wadah pakan apakah bisa menetas ?

    ReplyDelete
  114. asalamualaikum... mau tanya.. setelah bertelur yg terahir apakah lgsung d erami???

    ReplyDelete
  115. asalamualaikum.. mau tanya.. apakah setelah bertelur yg terahir akan lagsung d erami?

    ReplyDelete
  116. mas mau tanya ini... kenari saya udah bertelur 2kali tp gagal menetas.. trus mau tanya berapa harikah burung ini bisa dijodohkan lagi..

    ReplyDelete

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Add to My Yahoo!