Cari Artikel

17 May 2010

Kenari Yorkshire

Kenari Yorkshire, Yorkshire Canary
Merupakan salah satu jenis kenari yang sangat fenomenal. Disebut seperti ini karena kenari jenis ini memang banyak digemari oleh pecinta burung kenari hampir di semua negara. Selain posturnya yang besar dan aduhai, kenari yorkshire juga memiliki volume yang relatif di atas rata-rata.


Asal Usul Kenari Yorkshire
Ternyata kenari yorkshire sendiri bukan kenari dengan jenis yang lahir secara asli/alami. Satu sumber buku mengatakan bahwa kenari yorkshire merupakan kenari hasil silangan dari jenis kenari lanchasire, kenari norwich dan belgian bult bahkan sumber lain mengatakan terdapat tambahan genetik untuk memperlengkap warnanya yaitu dari kenari jenis cinnamon.
Kenari Yorkshire
Hingga sekarang jenis kenari yorkshire ini diternak di berbagai penjuru dunia, mulai dari Jerman, Inggris, Belanda, Spanyol, Amerika hingga ke negara Asia seperti Jepang dan Indonesia. Kenari yorkshire sendiri kemudian berkembang dalam berbagai warna, mulai dari putih, kuning, orange, hijau, red brown dan bon. Di negara-negara barat kenari yorkshire dilihat dari posturnya (kontes postur).

Asumsi Yang Melekat Pada Kenari Yorkshire
Dari setiap makhluk hidup di muka bumi ini tentunya mempunyai peran masing-masing dalam hubungannya dengan keseimbangan alam. Terlepas dari itu kenari yorkshire adalah kenari populer yang mempunyai banyak keunikannya, secara umum adalah sebagai berikut:

  • mempunyai postur yang proporsional. Bukan hanya besar, kenari jenis ini posturnya sering diibaratkan sebagai wortel terbalik. Orang Barat menyebutnya sebagai "The Guardian".
  • memiliki volume yang relatif keras
  • memiliki corak warna dan postur yang beraneka ragam, hal ini dikarenakan kenari yorkshire hingga sekarang ini sebenarnya masih dalam taraf me-modernisasikan shape dan size nya.
  • merupakan salah satu kenari yang lumayan sulit untuk diternakkan. Asumsi tak lain berasal dari jumlah yorkshire yang mampu beranak dan melestarikan galurnya masih sangat terbatas (khususnya di Indonesia).
  • perawatan yang relatif sedikit lebih rewel daripada kenari lokal.
Di Indonesia sendiri kenari yorkshire sering disilangkan dengan kenari lokal/jenis lainnya sehingga akan mendapat anakan dengan volume keras, postur lumayan dan "fighter". Namun seiring dengan waktu, beberapa teman saya yang juga peternak mengeluhkan kenari yorkshire mereka yang kerap kali mati. Bagi beberapa orang itu bukan lah halangan namun sebuah tantangan agar dapat mencetak kenari unggul.

Perawatan Kenari Yorkshire
Karena merupakan kenari import maka yorkshire memerlukan perawatan yang berbeda daripada kenari lokal. Di asalnya yorkshire diternakkan dalam iklim 4 musim dimana berbeda dengan di Indonesia yang hanya 2 musim saja. Sebagian besar peternak asing memilih ruangan tertutup/indoor sebagai tempat beternak kenari yorkshire, sehingga yang menjadi acuan pun adalah suhu kamar. Di indonesia kita dapat menerapkan cara beternak yorkshire dengan menggunakan metode suhu kamar/ruangan yang dapat dikondisikan dan diatur suhunya. Suhu rata-rata adalah 20-34 derajat celcius dimana dengan asumsi merupakan suhu ambang batas ketahanan.
Selain itu diperlukan kandang yang bersih, lebar/luas serta penjemuran yang cukup. Untuk beberapa tips tentang pakan, penjemuran dan lain-lain bisa dilihat di beberapa tulisan pada blog ini.

Ditulis oleh

19 comments:

  1. saya ingin tanya pak, untuk kenari yorkshire katanya susah untuk dikembangkan? kira-kira harga berapa pak untuk satu pasangnya? bisa pesan dari bapak gak ya

    ReplyDelete
  2. harga bervariasi pak,biasanya importir memasang harga kisaran 3jtan ke atas. Kalau untuk beternak yorkshire sendiri memang agak susah, kecuali kalau bapak menyilangkannya dengan kenari lokal.

    ReplyDelete
  3. Ada tips untuk kenari ys yang tidak mau ngisi om? Apa ada kiat-kiat khusus?

    ReplyDelete
  4. nah itu dia, saya blum tau pasti kiat agar ys tidak mau ngisi menjadi produktif. Jalan yg paling praktis adalah dbw ke dokter hewan dgn jalan suntik dan terapi tertentu.

    Namun beda lagi kasusnya jika ys tersebut memang sengaja dibuat macet/tdk produktif dari "sono"nya.

    ReplyDelete
  5. YS ring 09 sekarang berapaan bos?

    ReplyDelete
  6. salam kenal
    Saya pemula dari Jawa Barat, menanyakan apa keunggulan dari jenis keturunan kenari yorkshire ini pak? Saya lihat harga yang dicantumkan bapak sangat mahal

    ReplyDelete
  7. untuk harga ys ring 09 bisa dilihat di bursa. Namun sekarang harga ys sedang melambung tinggi.

    @om Ridwan
    yorkshire adalah kenari yang mempunyai keunggulan dalam sisi postur. Yorkshire yg kemudian saya singkat ys ini biasanya disilangkan dengan kenari lokal untuk mendapatkan keturunan yang diharapkan memenuhi kriteria suara dan postur sekaligus sehingga kita mendapatkan burung dengan postur yang lumayan serta mempunyai volume suara yang keras.

    ReplyDelete
  8. Om mau tanya cari Lanchaster dimana? menurut teman harganya diatas Yoskshire, tapi saya minat jenis itu krn lebih unik dan tidak banyak yang punya. Trims

    ReplyDelete
  9. saya mau jual ys kenari yang jambul, keaadaan burung sehat, volume keras, brkicau panjang.. kira kira brapa ya pak? saya dari bandung?

    ReplyDelete
  10. masih ada ga bos ys nya ??

    ReplyDelete
  11. Om da kenari ys lokal g ? kalo ada harganya berapa?

    ReplyDelete
  12. kenari YS ... aku pingin punya OM ....
    tapi masih belum ngerti pasti ciri-cirinya yang detail ...
    mohon masukannya

    ReplyDelete
  13. ciri yang lazim dan menjadi standart kontes postur di luar negeri salah satunya bisa dilihat di web nya Tony Ruiz.

    ReplyDelete
  14. om dah pernah berhasil ga ternakin Ys X ys ..gmn kiat2nya

    ReplyDelete
  15. tidak ada kiat-kiat baku dalam hal ini, jujur saja saya sendiri sementara ini masih mengandalkan faktor keberuntungan serta usaha pantang menyerah dengan melakukan banyak inovasi yang kadang jarang berbuah manis.

    ReplyDelete
  16. emang berapa harga kenari Yokser sekarang???

    ReplyDelete
  17. Buat agan2 saya pengen nanya, kalo boleh saya di bantu mendapatkan kenari F2Ys, saya dari Bali, apakah bisa ngirim kenari ke Bali? Mohon bantuannya.. Matur suksma

    ReplyDelete
  18. saya pribadi dgn keterbatasan saya belum bisa mengirim ke sana pak, maaf dan mohon dimaklumi. Solusinya bisa mewakilkan sdr atau kerabat yg berdomisili di dekat-dekat rumah saya. Terimakasih

    ReplyDelete
  19. punya YS lokal Pak? kl ada mau dong

    ReplyDelete

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Add to My Yahoo!