Cari Artikel

23 December 2010

Paradigma Beternak Kenari

Beternak kenari baru-baru ini sudah bukan lagi menjadi hobiis namun sudah berkembang menjadi sebuah bisnis dan komoditi. Melalui berbagai hal itulah kita dapat menjumpai berbagai jenis kenari saat ini. Bagi penulis sendiri beternak kenari merupakan suatu penyaluran atas hobi dan kesenangan dimana fokus terhadap materi dan hasil yang dicapai namun tetap "enjoy". Artinya adalah tetap mengacu pada sebuah target yang ingin dicapai namun menjalani dengan kalem dan sepenuh hati. Lantas apa masalahnya?
Pertama ada hal atau suatu pandangan "terdahulu" dimana beternak kenari adalah urusan mudah, pakan murah dan rawatan yang gampang. Penulis sendiri hanya ingin berbagi pengalamannya dimana seharusnya beberapa pandangan tadi harus dirubah serta dikondisikan dengan apa yang menjadi tujuan. Sebelum melangkah lebih jauh ada beberapa hal yang perlu dicermati dalam mengembangkan burung kenari ini:
  1. materi: inilah yang akan menentukan tujuan dan pola pengembangan
  2. dana: diperlukan modal dasar sebelum mencapai taraf berkembang dan sukses
  3. pengetahuan: menjadi modal utama karena tanpa pengetahuan tidak ada artinya kita fokus dan memperoleh tujuan
  4. tempat pengembangan: ini bisa disebut sebagai tempat ternak yang harus dikondisikan sebaik mungkin guna mencapai target yang diinginkan
  5. suhu/iklim/cuaca: faktor alam menjadi penentu keberhasilan setelah pengetahuan, dana, dan materi bahkan menjadi hal yang vital
Beberapa hal tersebut memang sudah umum diperbincangkan, bahkan karena saking umumnya kita lupa bahwa beternak kenari sangatlah problematis. Maksud penulis adalah seperti ini, jika kita mengacu paham burung kenari adalah burung yang mudah dikembangkan, murah dan serba mudah maka tunggu dulu, mengingat ada beberapa jenis kenari yang memang sulit untuk ditangkarkan sehingga mempengaruhi produktivitas.
Kepengennya ya mencetak kenari berkualitas dan mempunyai kuantitas produksi yang baik, tapi fakta sering berkata lain. Dukungan 5 faktor di atas sangat penting dan hampir tak terpisahkan. Menghadapi hal2 tersebut maka sebaiknya:
  • mengedepankan kualitas daripada kuantitas.
  • tidak masalah terhadap jumlah materi namun yang paling penting adalah kualitas materi apapun jenisnya.
  • memburu Rupiah dari hobi ini adalah bonus dari tujuan pengembangan sehingga akan sangat rentan terhadap penyimpangan berupa penipuan dll yang berbau negatif dari hobi ini. Maka dibutuhkan kerja sama dan kejujuran.
  • kita tidak bisa berdiri sendiri sehingga peran orang lain perlu disadari dan diterapkan dalam membangun ke arah tujuan positif.
  • ternyata hobi seperti ini mampu mempererat persaudaraan.
Penulis juga menyadari bahwa mudah atau tidaknya mengembangkan kenari merupakan hal yang sangat subjektif. Selain itu kualitas dengan kategori bagus pun juga demikian. Tidak perlu pusing karena kita manusia hanya sebagai pelaku dan burunglah yag akan menjawab :-)

salam untuk teman-teman dan rekan-rekan semua, dukungan serta ilmu kalian akan sangat berarti. Ini hanya sebatas uneg-uneg belaka. Maturnuwun







The original article was written by Mtl Canary
Blog: Beternak Kenari

1 comment:

  1. setuju pak, semoga sukses selalu

    ReplyDelete

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.