Pages

Cari Artikel

Loading...

06 July 2011

Master Untuk Burung Kenari

Dari waktu ke waktu memaster burung kenari menjadi hobi atau kegiatan yang kian populer dalam dunia perburungan. Hingga saat ini trend master masih menjadi topik pembahasan yang menarik untuk disimak dan diikuti, menyangkut hal tersebut maka beberapa pemaster pastilah menyiapkan burung-burung master bersuara handal agar mampu mengajarkan kepada "murid" nya mengenai lagu yang diharapkan oleh pemaster.

Dalam beberapa kesempatan seringkali para penghobiis bertukar pikiran mengenai wacana burung master yang baik bagi burung kenari mereka. Pendapat dan asumsi pun akhirnya bermunculan dimana trend masyarakat dan dunia lomba menjadi faktor yang mempengaruhi dunia pemasteran, namun apakah pemasteran bisa keluar dari lingkup tersebut? Tentu saja trend dibentuk dari beberapa hal yang terkait seperti: hasil yang telah dicapai (prestasi), pengalaman, harga bahan baku dan tujuan pemasteran itu sendiri.
Perkembangan asumsi mengenai pemasteran telah dipersempit dengan standar suatu event lomba tertentu sehingga kemungkinan para pelomba akan menyajikan "menu" yang berbeda dalam setiap event nya. Lantas muncul suatu pertanyaan, burung master apakah yang paling cocok untuk burung kenari? Burung master apakah yang mampu menghasilkan lagu yang istimewa dan mewah? Secara spesifik tren lagu master dari waktu ke waktu akan mengalami perubahan baik lambat ataupun cepat. Setidaknya ada sedikit penjelasan soal ini untuk sekedar memecah "keheningan" mengenai wacana trend lagu master tersebut, antara lain:
  • Poin penting dalam pemasteran adalah kapasitas burung master dan burung yang akan dimaster. Asumsi dasar dari pemasteran adalah burung yang dimaster dengan suara tertentu akan berusaha menirukan suara/lagu dari burung master tersebut. Berangkat dari hal tersebut maka burung master dapat diwakili dengan jenis burung apa saja namun dengan catatan karakter lagunya tidak berbeda jauh dengan jenis burung yang akan dimaster.
  • Terlepas dari jenis burung masternya, keberhasilan burung kenari membawakan lagu tertentu sebenarnya dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti: kualitas suara burung master, tingkat kecerdasan, kemampuan doktrin dari master, lingkungan, jumlah burung master, dan lain-lain. Berangkat dari hal inilah maka kita mendapatkan asumsi bahwa kenari isian dengan membawakan suatu materi lagu tertentu akan bersifat kompetitif dan relatif terhadap kenari isian lainnya jika dinikmati (klangenan) atau guna untuk dilombakan.
  • Ada semacam tujuan dari kegiatan pemasteran, yaitu adalah menciptakan lagu bersuara bagus dan lantang sesuai dengan karakter perlombaan di masyarakat kita. Bahwa menciptakan lagu yang dianggap berkualitas pada dasarnya adalah mempertajam lagu dari karakter bawaan serta menambah variasi lagu.
  • Saat inovasi lagu yang dianggap unik, mewah dan memenuhi kriteria perlombaan secara umum maka itulah yang jadi suara mayoritas dan trend lagu master walau secara berkelanjutan tetap akan terus berubah. Bukan berarti setiap penghobiis akan berada pada jalur trend tersebut namun bisa berjalan keluar atau melawan arus tersebut.
Karena pada dasarnya tidak akan pernah puas dengan suatu lagu tertentu maka dibutuhkan inovasi yang secara berkesinambungan baik menurut standart resmi yang mungkin suatu saat akan dibakukan oleh rekan-rekan penghibobi kicauan di tanah air kita ini.




The original article was written by Mtl Canary
Blog: Beternak Kenari

15 comments:

  1. sekarang lagi marak2nya burung pleci apa kenari menjadi materi master yang bagus untuk burung pleci Om? Sebaliknya apa pleci bagus buat masteran KN? best regards

    ReplyDelete
  2. @Toni: bagus tidaknya mungkin tergantung lagunya om, bisa jadi alternatif jika ingin merujuk ke lagu isian daripada standar...kembali ke selera dan hasilnya saja om

    ReplyDelete
  3. ada yang ingin saya tanyakan Om Rio, kenapa jenis finch seperti blackthroat dan sanger menjadi pilihan untuk memaster KN, apa ada ciri khas khusus yang bisa mendongkrak variasi lagu kenari?

    Thx a lot Om, mohon bimbingannya

    ReplyDelete
  4. @Dwi: wah saya juga masih butuh banyak belajar om, kalo ditanya alasannya kenapa mungkin balik lagi ke selera masing-masing om. Beberapa hal teknis memang blackthroat dan edel sanger dianggap beberapa kalangan mampu mewakili karakter dan variasi lagu yang bisa memenuhi kriteria penjurian namun itu tidak mutlak. Kembali lagi ke masalah lagu dari burung master itu sendiri dan KN yang akan dimaster. Hal lainnya mungkin terletak pada keuntungan finch yang mampu menjadi burung master sekaligus untuk ditangkarkan dan bisa di cross dengan kenari.

    ReplyDelete
  5. kalau kenari yang gak bisa bunyi,,??
    obatnx apa om,,,,??

    ReplyDelete
  6. tidak bisa bunyi?? umur berapa dan pasti jantankah?

    ReplyDelete
  7. Om numpang nanya klu nyari bahan kenari jantan yg bagus di mana trus ciri2 jantan pada umumnya seperti apa??
    Saia tinggal di daerah jakarta..
    Maaf msh pemula..

    ReplyDelete
  8. @axls: selain saking banyaknya jenis kenari, bagus dan tidaknya saya pikir sangat relatif jadi mungkin bisa difokuskan menurut tujuan dan harapan anda terhadap kenari tersebut.

    ReplyDelete
  9. hahahaa,,,Om moderatornya bagooss neh,,,flexible n tdk ego,,,sayyyiiip deeh,,,all trgantung pemirsa,,mau dilombain,,diplototin beautiful colornye atawa mau diizab kabulin,,,,,,,heheheee,,,,cakep Om

    ReplyDelete
  10. share aja, aku pernah liat suatu statement di facebook bahwa kenari yang bukan jenis waterslager pun mampu membawakan lagu waterslager? apa iya benar mampu demikian Mas?

    ReplyDelete
  11. @Bayu: menurut saya ada 2 hal yang perlu dibedakan yaitu antara menirukan dengan menghayati. Pengalaman saya lagu jenis ws tdk akan merdu dan enak didengar jika dibawakan oleh jenis lain walaupun enak dan tidak enak, merdu dan tisak merdu sangat subjektif. Mirip kasus kenari isian ciblek,tdk akan pernah kenari mampu membawakan lagu dan karakter yg sama persis dengan ciblek. Takdirnya sendiri2 Om....

    ReplyDelete
  12. thx Mas langsung dibalas nih komennya

    ReplyDelete
  13. paling baik adalah panjenengan mendengarkan sendiri yg jenengan maksud tadi dan bandingkan, pasti ada bedanya....

    ReplyDelete
  14. om kenari saya jenis lokal masih umur 3 bulan (kata penjualnya) dan jenis jantan, yg saya tanyakan adalah kenapa kok ga bunyi ya, setiap saya gantung dia selalu makannnn terus ga ada berhentinya.terima kasih, salam kenari

    ReplyDelete
  15. jika memang benar jantan maka umumnya umur tsb masih belajar bernyanyi dan terdengar riwikannya. Jadi, apakah kenari anda sudah pasti jantan?

    ReplyDelete

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

Anda Menyukai Blog Ini?